Liga 1

(CUPLIKAN GOL) Persela 0-1 Persipura: Amankan 3 Besar

Kamis, 15 Juni 2017 05:35 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
 Copyright:

Raksasa Gojek Traveloka Liga 1 Indonesia, Persipura Jayapura, berhasil mengemas kemenangan penting 1-0 saat bertanding melawan tuan rumah Persela Lamongan. Sempat bermain imbang tanpa gol di babak pertama, Addison Alves akhirnya membawa Mutiara Hitam pulang dengan tiga poin dan sekaligus mengamankan posisi tiga besar.

Baca juga:

Babak I

Sejak wasit meniup peluit kick off, baik Persela dan Persipura langsung memamerkan permainan terbuka serta menyerang. Namun di 15 menit awal, Laskar Joko Tingkir lebih dulu mengancam lewat usaha Eka Ramdani.

Persipura Jayapura yang baru saja ditinggal oleh pelatih Liestiadi bukannya tanpa peluang. Setelah berulang kali melakukan penetrasi ke jantung pertahanan Persela, Nelson Alom nyaris membuka keunggulan andai sepakan Nelson Alom tidak digagalkan Choirul Huda yang bermain taktis sepanjang pertandingan.

© Twitter/Liga1Match
Persela Lamongan vs Persipura Jayapura. Copyright: Twitter/Liga1MatchPersela Lamongan vs Persipura Jayapura.

Selepas peluang Nelson di pertengahan babak pertama itu, Persela mulai mengusai jalannya pertandingan. Samsul Arif dan kawan-kawan lebih banyak memiliki peluang seperti melalui Ivan Carlos.

Skor 0-0 tak berubah hingga wasit menghentikan laga untuk istirahat. Persela lebih banyak menghasilkan kesempatan emas di interval pertama, tapi tak ada gol yang tersaji di 45 babak I.

© Twitter/Persipura
Suasana latihan Persela jelang laga melawan Persipura Jayapura. Copyright: Twitter/PersipuraSuasana latihan Persela jelang laga melawan Persipura Jayapura.

Babak II

Hampir tak ada perubahan strategi dari kedua kesebelasan di paruh kedua. Baik Persela dan Persipura nampak masih malu-malu dalam melakukan tusukan-tusukan tajam ke lini vital lawannya.

Tapi skor berubah di menit ke-66. Bermula dari umpan jauh yang diarahkan ke Prisca Womsiwor ke kiri pertahanan Persela, ia mampu mengecoh Marcio Rosario untuk kemudian melepaskan umpan mendatar ke Addison. Dengan tumitnya, penyerang asal Brasil itu menipu Choirul untuk membawa Persipura unggul 1-0.

Pasca gol tersebut, pertandingan berjalan dengan tempo cepat dan keras. Tuan rumah yang tak ingin kehilangan muka di depan pendukungnya sendiri, serta ditambah dengan raihan impresif di laga sebelumnya terlihat menambah intensitas serangan di pertengahan babak kedua.

Fahmi Al-Ayyubi dan Jose Coelho berulang kali mencoba memberikan sodokan kepada Ivan Carlos. Tapi kekurangtenangan di kotak penalti membuat peluang mereka berakhir sia-sia.

Menit 80, tendangan akrobatik Ivan Carlos dari luar kotak penalti hanya mampu terbang tak tentu arah. Peluang terakhir di dapat Samsul Arif melalui tendangan bebas di menit 90+7, tapi usahanya masih mengenai pagar betis Persipura.

Hingga akhir laga, Persipura sanggup mengunci kemenangan 1-0. Hasil ini membuat mereka mengakhiri rentetan hasil minor di laga-laga sebelumnya serta mengunci posisi tiga besar klasemen sementara Liga 1.

Susunan Pemain:

Persela Lamongan (4-3-3): Choirul Huda; Ahmad Birrul Walidan, Zainal Haq, Marcio Rozario, Samsul Arifin; Kosuke Yamazaki, Sandi Septian, Eka Ramdani; Fahmi Al Ayyubi, Ivan Carlos, Jose Coelho

Pelatih: Heri Kiswanto

Persipura Jayapura (4-5-1): Yoo Jae-hoon; Yustinus Pae, Ricardo Salampessy, Yahya Basna, Ruben Sanadi; Prisca Womsiwor, Imanuel Wanggai, Nelson Alom, Muhammad Tahir, Pietr Nasadit; Addison Alves

Pelatih: Alan Haviludin

688