Liga 1 Indonesia

Pecat Oswaldo Lessa, Sriwijaya FC Andalkan Caretaker Hingga Akhir Putaran Pertama

Minggu, 18 Juni 2017 21:21 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Rizky Pratama Putra
© Muhammad Effendi/Indosport
Skuat Sriwijaya FC. Copyright: © Muhammad Effendi/Indosport
Skuat Sriwijaya FC.

Manajemen Sriwijaya FC (SFC) sebelumnya telah memutuskan melepas Oswaldo Lessa sebagai pelatih kepala Laskar Wong Kito. Keputusan itu diambil setelah melihat performa tim tak kunjung meningkat.

Oswaldo dianggap gagal dalam menjalankan tugasnya sebagai sang arsitek. Keputusan itu diambil Presiden SFC, Dodi Reza Alex dan Manajer SFC Nasrun Umar, usai menelan kekalahan tipis dari Persija Jakarta 0-1 di Stadion Wibawa Mukti, Jumat (16/06/17).

© Muhammad Effendi/Indosport
Osvaldo Lessa dan Beto Goncalves saat melakukan konferensi pers usai laga. Copyright: Muhammad Effendi/IndosportOsvaldo Lessa (kanan) baru saja dipecat Sriwijaya FC.

Seperti disampaikan Manajer SFC, Nasrun Umar sebelumnya, Hartono Ruslan yang sebelumnya menjabat asisten pelatih menjabat sebagai caretakerTapi, belum dijelaskan apakah manajemen masih akan mencari pelatih anyar atau tetap memberdayakan Hartono Ruslan, yang sebenarnya sejak awal sudah mengantungi lisensi A AFC.

Sekretaris Tim SFC Achmad Haris, saat dikonfirmasi, Minggu (18/6) menjelaskan, jajaran manajemen akan terus memantau perkembangan sampai akhir putaran pertama.

“Itu artinya, Hartono akan menjadi caretaker SFC minimal enam laga ke depan atau sampai putaran pertama,” ungkapnya.

Baca Juga:

Dalam setiap pertandingannya, manajemen akan terus melihat performa tim. Bila memang dirasa Hartono cukup membuat tim ini lebih solid, maka besar kemungkinan memang tidak akan merekrut pelatih lagi.

“Jadi, nanti bakal ada evaluasi dari manajemen, dari enam laga ke depan,” ungkapnya.

© Effendi/INDOSPORT
Skuat Sriwijaya FC gelar latihan. Copyright: Effendi/INDOSPORTSkuat Sriwijaya FC gelar latihan.

Kendati masih ada wacana mendatangkan pelatih baru, manajemen merasa perlu waktu yang tepat. Saat ini tim sedang libur Idul Fitri dan akan kembali latihan 28 Juni, sementara menjamu Perseru Serui, 3 Juli nanti.

Itu artinya, sangat singkat. Masuknya pelatih baru, dirasa tidak akan cukup membantu. Justru bisa membuat tim terganggu dengan racikan-racikan baru.

Oleh sebab itulah, manajemen percaya dengan kemampuan Hartono. Publik, jangan lupa saat SFC juara ISL musim 2011/2012, Hartono Ruslan juga menjadi otak dari prestasi itu selain Kas Hartadi.