Liga 1

Alasan Arema Liburkan Pemain di Lebaran Hanya Sebentar

Sabtu, 24 Juni 2017 00:26 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Tengku Sufiyanto
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Arema FC saat menghadapi Persija Jakarta. Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim
Arema FC saat menghadapi Persija Jakarta.

Problem konsistensi memang masih mendera Arema FC dalam menjalani kompetisi Gojek Traveloka Liga 1. Sepanjang 11 pekan, performa tim Singo Edan belum stabil.

Rekor tak terkalahkan yang diawal musim pernah dialami, akhirnya runtuh di pekan kelima usai kalah dari PSM Makassar. Selanjutnya, grafik Arema naik turun tak menentu, hingga nyaris berujung pengunduran diri Aji Santoso dari kursi pelatih.

"Ya memang problem konsistensi itu tak lain disebabkan komposisi pemain kita yang tidak pernah komplit," ujar pelatih Arema, Aji Santoso.

© INDOSPORT/Ian Setiawan
Arema FC vs Bali United FC Copyright: INDOSPORT/Ian SetiawanArema FC vs Bali United FC.

Alasan itu memang begitu rasional dan relevan. Pasalnya, Arema selalu meraih tren negatif setelah terhalang dalam materi pemain sejak pekan keenam. 

Dua penggawa muda, Hanif Sjahbandi dan Bagas Adi Nugroho sering keluar masuk tim karena harus bergabung ke Timnas Indonesia U-22 yang diproyeksikan untuk SEA Games 2017. Di susul dua seniornya, Kurnia Meiga dan Adam Alis Setyano yang harus membela Timnas Indonesia Senior bersama Hanif serta Bagas dalam laga uji coba kontra Kamboja dan Puerto Rico.

Baca Juga:

Belum lagi soal absennya pemain karena cedera dan suspensi akumulasi kartu kuning maupun kartu merah.

"Di masa libur Lebaran ini, mudah-mudahan ketemu solusinya untuk antisipasi jika sewaktu-waktu masalah itu kembali terjadi," kata Aji Santoso.

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Caption Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimSkuat Arema FC.

Maka dari itu, Arema tak mau berlama-lama meliburkan skuatnya dari masa liburan jeda kompetisi menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah. Cristian Gonzales dkk hanya diberi jatah libur kurang dari satu pekan sebelum kembali bersiap menjalani serangkaian jadwal padat di awal Juli mendatang.

Di dua pekan awal Juli, Arema sudah ditunggu tiga jadwal lumayan berat. Dimulai lawatan ke markas PS TNI (03 Juli), menjamu Sriwijaya FC (07 Juli), dan berlanjut  ke kandang Persegres Gresik United (12 Juli).

© Ian Setiawan/Indosport
Aji Santoso sebagai Pelatih Arema FC Copyright: Ian Setiawan/IndosportAji Santoso sebagai pelatih Arema FC.

"Untuk pemain luar Malang dan asing, mereka mulai libur tanggal 22. Untuk lokal Malang, 23 Juni," tuturnya.

"Tanggal 28 kita mulai latihan, karena tanggal 3 sudah bertanding. Sehingga, kita tidak punya banyak waktu lagi," tutup mantan pelatih Persela Lamongan tersebut.

563