SEA Games 2017

Sempat Tak Masuk List SEA Games, Ini Kata PSSI Terkait Nasib Ezra Walian

Minggu, 25 Juni 2017 13:06 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Resmi Ezra Walian menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Resmi Ezra Walian menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Dua hari belakangan nasib pemain naturalisasi, Ezra Walian di Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 sempat dipertanyakan. Pasalnya, dalam lampiran dari surat Kasatlak Prima, pihak yang mewadahi seluruh cabang olahraga untuk SEA Games 2017 tidak ada nama pemain Jong Ajax tersebut. Namun, kini federasi sepakbola Indonesia, PSSI telah mengeluarkan pernyataan resminya.

© Rilis Satlak Prima
Daftar atlet cabang sepakbola Indonesia yang dikirim ke SEA Games 2017. Copyright: Rilis Satlak PrimaDaftar atlet cabang sepakbola Indonesia yang dikirim ke SEA Games 2017.

PSSI dalam keterangannya kemudian meluruskan kabar Ezra Walian yang belakangan simpang siur terkait Ezra Walian tidak masuk dalam list untuk SEA Games 2017. Ada tiga poin yang ditegaskan oleh federasi sepakboola Indonesia tersebut.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ezra Walian (kiri) melakukan jugling bola sebelum internal game dimulai. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTEzra Walian (kiri) saat ikut pemusatan latihan Timnas U-22.

Pertama adalah mengenai keberadaan Ezra Walian yang saat ini sudah berada di Indonesia. Ia bahkan sudah menjalani latihan fisik dengan pelatih fitnes, Florent Motha bersama dua rekannya di lini depan Timns U-22 yakni Marianus Manewar dan Ahmad Nur Hardianto.

Baca Juga

Selain itu, untuk list pemain yang dibawa ke Malaysia untuk SEA Games 2017 Agustus nanti, pelatih Lusi Milla baru akan mengumumkan selepas pemusatan latihan di Bali yang dijadwalkan berakhir 10 Juli mendatang. Artinya daftar yang sempat beredar dari Satlak Prima tidak sepenuhnya benar.

© Tom Dulat/Getty Images
Ezra Walian beraksi di panggung UEFA Youth League melawan Chelsea. Copyright: Tom Dulat/Getty ImagesEzra Walian beraksi di panggung UEFA Youth League melawan Chelsea.

PSSI juga memberikan sedikit bocoran, kalau pelatih Luis Milla hanya akan memilih 23 pemain untuk di bawa ke SEA Games 2017. Artinya akan ada tiga nama yang akan dicoret dari 26 nama yang mengikuti pemusatan latihan selama 10 hari di Bali, terhitung sejak 30 Juni hingga 10 Juli.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ezra Walian (kanan) melakukan jugling bola sebelum internal game dimulai. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTEzra Walian (kanan) saat ikut latihan bersama Timnas U-22.

Berikut pernyataan resmi PSSI :

1. Ezra Walian sudah di Jakarta sejak 24 Juni, dan melakukan latihan khusus dengan coach Florent Motha di Aryaduta Karawaci, hingga tanggal 29 Juni, bersama dengan Marinus Manewar dan Nur Hardianto

2. List final pemain siapa yang akan bermain di Bangkok untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 dan SEA Games baru akan diumumkan di akhir TC di Bali pada 10 Juli. Dimana baik untuk event kualifikasi Piala Asia U-23 dan SEA Games,  dimungkinkan ada pergantian pemain. Terutama jika ada pemain cedera, dimana pemain pengganti akan muncul lebih dari 34 nama yang sudah lebih dahulu didaftarkan.

3. Di Bali ada 26 pemain, akan mengerucut jadi 23 pemain di akhir Training Centre (TC).

1.5K