Liga 1

Ryuji Utomo Ternyata Cucu Seorang Profesor Ternama Indonesia

Minggu, 25 Juni 2017 04:52 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
 Copyright:

Pesepakbola yang merupakan pacar dari artis Ariel Tatum, Ryuji Utomo, ternyata adalah seorang cucu dari profesor ternama bidang kedokteran di Indonesia, Soehasim, yang berpraktek di RS Fatmawati, Jakarta Selatan. Soehasim adalah ayah dari ibunda pemain Persija Jakarta tersebut.

© Instagram@Ryuji Utomo
Bek Pesija Jakarta, Ryuji Utomo. Copyright: Instagram@Ryuji UtomoBek Pesija Jakarta, Ryuji Utomo.

"Papa dan Mama sempat tidak mengizinkan saya bermain bola. Saya harus beberapa kali ngumpet-ngumpet untuk ikut latihan di ASIOP. Lama kelamaan ketahuan juga. Akhirnya, mereka mengizinkan saya untuk masuk ASIOP dengan satu syarat yaitu, saya harus mendapatkan rangking tiga besar di sekolah. Jika tidak, saya harus keluar dari ASIOP," ujar Ryuji.

Baca Juga:

Pesepak bola kelahiran Jakarta, 1 Juli 1995 itu memulai karier sepakbolanya dari SSB ASIOP. Kemudian, ia melanjutkan karier juniornya di SSB Villa 2000 pada tahun 2006.

Kebetulan pelatih ekstrakurikuler di sekolah saya merupakan pelatih di SSB ASIOP. Jadi, dia mengajak saya untuk bergabung ke dalam timnya di ASIOP. Saya iyakan saja karena memang saya suka sekali bermain sepak bola," ungkap Ryuji.

© Instagram@Ryuji Utomo
Ryuji Utomo saat jalani latihan bersama Persija Jakarta. Copyright: Instagram@Ryuji UtomoRyuji Utomo saat jalani latihan bersama Persija Jakarta.

Ryuji mengecap pengalaman bertanding di sejumlah turnamen internasional dua tahun kemudian. Ia masuk skuat Timnas Indonesia U-14 di Kejuaraan Sepak Bola Pelajar 2008.

Di tahun 2009 ia berangkat dengan pemain belia Villa 2000 lainnya ke Penang, Malaysia, untuk tampil di putaran final Asia Tenggara ajang Manchester United Primer Cup (MUPC).

"Di ajang MUPC zona Indonesia saya terpilih sebagai Gelandang Terbaik. Orang tua saya mulai benar-benar menyadari bakat saya bermain sepak bola. Dukungan moral mereka berikan ke saya untuk mencapai cita-cita," ujar bek pengidola Sergio Ramos itu.

© instagram.com/ryujiutomo
Bek Persija Jakarta, Ryuji Utomo. Copyright: instagram.com/ryujiutomoBek Persija Jakarta, Ryuji Utomo.

Selanjutnya, ia jadi salah satu pemain yang ikut program mercusuar PSSI SAD Uruguay pada 2012-2013. Lalu ia meniti karier di klub Divisi Dua Bahrain, Al Najma pada tahun 2015. Ia kemudian membela Arema Cronus dan sekarang berbaju Persija.

2.7K