Liga 1

Songsong SEA Games, PSSI Hapus Regulasi Pemain U-23

Kamis, 29 Juni 2017 16:11 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Joko Sedayu
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Persib Bandung kini bisa memainkan seluruh pemain veteran milik mereka setelah PSSI melalui PT Liga Indonesia Baru menghapus sementara regulasi penggunaan pemain U-23. Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim
Persib Bandung kini bisa memainkan seluruh pemain veteran milik mereka setelah PSSI melalui PT Liga Indonesia Baru menghapus sementara regulasi penggunaan pemain U-23.

Jelang laga lanjutan pekan ke-12 ada perubahan regulasi dalam perhelatan Liga 1 musim 2017. Regulasi yang sebelumnya mewajibkan setiap klub peserta menggunakan tiga pemain U-23 akan dihapuskan sementara.

Perubahan regulasi itu sendiri sudah disosialisasikan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) kepada seluruh klub peserta Liga 1. Dalam surat yang ditandatangani oleh Direktur Utama PT LIB, Berlinton Siahaan, setidaknya terdapat empat butir dalam surat pemberitahuan tersebut.

© istimewa
Surat pemberitahuan penggunaan regulasi baru Liga 1 2017 Copyright: istimewaSurat pemberitahuan penggunaan regulasi baru Liga 1 2017

Pertama, perubahan regulasi ini karena PSSI sedang dalam proses seleksi pemain untuk skuat Timnas Indonesia U-23 yang akan bertarung di kancah SEA Games 2017 dan AFC U-23 Championship 2018.

Kedua, perubahan regulasi ini akan berlaku pada 3 Juli hingga 30 Agustus 2017 mendatang. Artinya setiap klub nantinya diperbolehkan memainkan seluruh pemainnya yang telah didaftarkan sejak putaran pertama.

© istimewa
Regulasi baru untuk Liga 1 2017 Copyright: istimewaRegulasi baru untuk Liga 1 2017

Ketiga, dengan perubahan ini akan ada konsekuensi dengan berubahnya jumlah pergantian pemain. Yakni, menjadi tiga kali pergantian dari lima kali pergantian. Serta pemain pemain cadangan menjadi tujuh pemain yang duduk di bench pemain.

Poin terakhir dari pemberitahuan ini yakni regulasi ini akan berjalan kembali pada 1 September hingga berakhirnya Liga 1 musim 2017.

939