Juara di Euro U-21, Jerman Kelebihan Stok Pemain Muda

Sabtu, 1 Juli 2017 14:15 WIB
Editor: Galih Prasetyo
© Getty Images
Skuat Timnas Jerman di Piala Konfederasi 2017. Copyright: © Getty Images
Skuat Timnas Jerman di Piala Konfederasi 2017.

Satu gol dari gelandang Hertha Berlin, Mitchell Weiser ke gawang Spanyol sudah cukup mengukuhkan Timnas U-21 Jerman untuk jadi kampiun di perhelatan Euro U-21 pada laga dinihari tadi, Sabtu (01/07/17). 

© Mirror
Timnas U-21 Jerman di perhelatan Euro U-21 Copyright: MirrorTimnas U-21 Jerman di perhelatan Euro U-21

Bermain di perhelatan Euro U-21 yang berlangsung di Polandia dari 16 Juni 2017 lalu, Panser Muda di babak penyisihan grup tergabung di grup neraka bersama Italia, Republik Ceko, dan Denmark. Di laga pertama, Jerman U-21 sukses menang dua gol tanpa balas dari Republik Ceko. Dikutip dari data uefa.com (28/06/17), gol dari Jerman U-21 dicetak oleh dua pemain muda bersinar mereka, Max Meyer dan Serge Gnarby.

Baca Juga: 

(CUPLIKAN GOL) Jerman 4-1 Meksiko: Der Panzer Perkasa

4 Calon Bintang Jebolan Piala Dunia U-20 dan Euro U-21

Bertemu Inggris yang baru saja jadi Juara Piala Dunia U-20, Max Meyer Cs cukup kesulitan untuk bisa lolos ke babak final. Inggris yang dimotori oleh gelandang Southampton, Ward Prowse cukup merepotkan barisan pertahanan Jerman di komandoi oleh bek Hertha Berlin, Niklas Stark.Di laga kedua, Jerman U-21 kembali meraih tiga poin usai mengalahkan Denmark dengan skor 3-0. Sayang di laga terakhir penyisihan grup, Jerman takluk 1-0 oleh Italy. Gol semata wayang Timnas muda Italia dicetak pemain Fiorentina yang tengah diincar oleh banyak klub, Federico Bernardeschi. Meski begitu Jerman tetap lolos ke babak berikutnya sebagai runner up grup C.

Dua gol akhirnya mampu membobol gawang Jerman yang dijaga oleh kiper muda potensial Jerman, Julian Pollersbeck. Untungnya punya duet striker maut, Davie Selke dan Felix Platte, dua striker muda Jerman ini yang mampu membuat skor kembali imbang menjadi 2-2. 

Di babak adu penalti, seperti data yang dikutip dari Whoscored (28/06/17), Inggris gagal menyarangkan dua gol sedangkan dari Jerman hanya pemain dari VfL Wolfsburg, Yannick Gerhardt yang tak mampu tuntaskan tugasnya sebagai algojo penalti. Jerman pun melangkah ke babak final dan sukses menaklukkan Matadaor Muda, Spanyol.

Melihat perfomance Panser muda selama perhelatan ini, tak salah jika Jerman di beberapa tahun mendatang masih bisa percaya diri untuk tetap menyandang sebagai raksasa Eropa, bahkan dunia. Deretan pemain yang berlaga di Polandia tahun ini bisa dibilang sebagai generasi moncer Jerman.

Stefan Kuntz yang juga mantan striker untuk Besiktas ini begitu piawai meramu sejumlah pemain muda potensial yang berasal dari klub Bundesliga atau Bundesliga 2. Dari kiper misalnya, sosok Julian Pollersbeck dianggap sebagai salah satu kiper masa depan untuk Timnas Jerman.

Bertinggi badan 1,95 m, Pollersbeck memulai karier profesionalnya dengan bergabung ke 1.FC K'lautern pada 2013 lalu. Kabarnya seperti dikutip dari transfermarket.com (28/06/17), musim depan kiper berambut pirang ini akan jajal Bundesliga dengan bergabun ke Hamburg.

Dari kiper, kita menuju ke barisan pertahanan. Kuntz untuk perhelatan Euro U-21 memanggil sejumlah nama bek potensial seperti full back Hoffenheim II, Jeremy Toljan, lalu ada nama Marc Oliver Kempf yan bermain apik di Bundesliga musim 2016/17 bersama Eintracht Frankfurt.

Di lini tengah, Timnas muda Jerman memiliki stok gelandang muda berbakat. Seperti sang kapten mereka, Maximilian Arnold. Pemuda berusia 23 tahun ini tidak hanya jadi motor bagi Timnas Jerman di Euro U-21 namun juga untuk klubnya, VFL Wolfsburg. Selama musim 2016/17, Arnold mampu catatkan 2 gol dan 3 assits dari 32 caps.

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGESMax Meyer

Selain Arnold, tentu saja ada nama Max Meyer, gelandang serang yang disebut-sebut sebagai The Next Mesut Ozil di lini tengah Jerman. Meyer juga jadi pemain andalan di klubnya FC Schalke 04 sejak 2013 silam, sebelumnya Meyer tercatat bermian untuk FC Schalke 04 U-19.

Lalu ada nama Mitchell Weiser, gelandang Hertha Berlin ini juga bisa dibilang sebagai gelandang yang bakal jadi peman sentral di lini tengah Timnas senior Jerman di beberapa tahun mendatang. Bagaimana dengan urusan para striker?

Data uefa.com (28/06/17) menyebutkan para striker di Timnas muda Jerman juga bisa jaminan mutu untuk Timnas senior di beberapa tahun mendatang. Di sana bercokol nama-nama seperti Davie Selke, striker yang sukses membawa Leipzig jadi runner up Bundesliga musim ini.

Selain Selke, ada juga nama winger yang dicampakkan Arsenal, Serge Gnabry. Sedangkan untuk urusan pemain cadangan ada juga nama-nama seperti Felix Platte yang membela klub Darmstadt, serta ada nama striker berusia 23 tahun, Maximilian Philipp.

© Adam Nurkiewicz/Getty Images
Pesepakbola asal Jerman, Serge Gnabry. Copyright: Adam Nurkiewicz/Getty ImagesPesepakbola asal Jerman, Serge Gnabry.

Minus sejumlah pemain muda lain yang tengah membela Timnas senior di Piala Konfederasi, bukan tidak mungkin Panser Jerman akan terus mendaulat dirinya sebagai 'Raja Turnamen'.