Liga 1

Demi Timnas U-22, PSSI Sempat Berencana Liburkan Liga 1

Minggu, 2 Juli 2017 14:18 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Tengku Sufiyanto
 Copyright:

Federasi Sepakbola Indonesia, PSSI sempat memiliki wacana untuk meliburkan kompetisi sepakbola kasta tertinggi di Tanah Air, Gojek Traveloka Liga 1.  Rencananya, Liga 1 diliburkan hingga kualifikasi Piala Asia U-23 dan SEA Games 2017 berakhir. Hal itu dilakukan agar para pemain U-23 di Liga 1 yang dipanggil ke Timnas U-22 dapat fokus melakukan persiapan.

Namun, rencana itu berakhir usai PSSI mendapat masukan dari operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB). Akhirnya, PSSI menetapkan regulasi pemain U-23 di Liga 1 ditangguhkan sementara waktu dari pekan ke-12 hingga 30 Agustus mendatang.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Carlton Cole menghalaw tendangan salah satu pemain Arema FC. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPersib Bandung saat menghadapi Arema FC.

"Pilihan yang terbaik adalah kompetisi dihentikan (diliburkan). Namun karena operator ingin agar kompetisi segera tuntas sebelum pendaftaran juara ke Piala AFC, maka kompetisi jalan terus," ujar Iwan Budianto selaku Kepala Staf Harian Ketum PSSI, Iwan Budianto.

"Kalau asas keadilan ini diterapkan, mestinya tidak perlu ada klub yang marah. Mungkin mereka marah, karena tidak ada pemainnya yang diambil (Timnas U-22), sehingga tidak merasa kehilangan saat Timnas dimainkan," lanjut Iwan Budianto menanggapi protes beberapa klub Liga 1 soal penangguhan regulasi pemain U-23.

Baca Juga:

Sebelumnya, beberapa klub Liga 1 seperti Madura United FC dan Persiba Balikpapan melayangkan protes soal penangguhan regulasi pemain U-23. Mereka beralasan PSSI tidak  konsisten soal penetapan regulasi Liga 1.

"Seharusnya yang protes adalah tim yang pemainnya banyak ke Timnas U-22, seperti Bali United dan Persija Jakarta. Tapi ya sudahlah, pro-kontra sudah biasa terjadi, dan aturan ini sudah diputuskan operator," kata Iwan Budianto.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pembukaan Liga 1 ikut dimeriahkan dengan tarian adat sunda. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPembukaan Liga 1 ikut dimeriahkan dengan tarian adat sunda.

Seperti diketahui,  PSSI melalui PT Liga Indonesia Baru (LIB) membuat keputusan mengejutkan terkait regulasi penggunaan pemain U-23 untuk Liga 1. Mulai pekan ke-12 nanti, klub sudah tak lagi wajib memainkan pemain U-23 di tiap pertandingan.

Awalnya, regulasi tersebut dimaksudkan agar pemain muda mendapat menit bermain di kompetisi kasta tertinggi Tanah Air sekaligus menjadi ajang scouting untuk pemain Timnas Indonesia U-22 SEA Games 2017 nanti.

Menyusul telah ditetapkannya skuat proyeksi Pra Piala Asia U-23 2018 dan SEA Games 2017, aturan tersebut ditangguhkan hingga akhir Agustus mendatang.

490