LIGA 1

Tanpa Sacramento Lawan Persela, Semen Padang Ketambahan 2 Pemain

Minggu, 2 Juli 2017 04:37 WIB
Kontributor: Taufik Hidayat | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© INDOSPORT/Taufik Hidayat
Pelatih Semen Padang, Nilmaizar. Copyright: © INDOSPORT/Taufik Hidayat
Pelatih Semen Padang, Nilmaizar.

Tak ada lagi alasan bagi Semen Padang untuk gagal menang saat menjamu Persela Lamongan pada pekan ke-12 Gojek Traveloka Liga 1 di Stadion H. Agus Salim, Padang, Senin (03/07/17).

Ditangguhkannya regulasi penggunaan pemain muda oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sampai 30 Agustus mendatang membuat pelatih Kabau Sirah -julukan Semen Padang- Nilmaizar bisa memainkan pemain terbaik dari menit pertama. Karena itu, kemampuan pemain muda yang tak bisa mengimbangi permainan para pemain senior tak bisa lagi dijadikan alasan.

Masih tertahan di peringkat 15 atau hanya satu strip di atas tim penghuni zona degradasi, tiga poin sangat dibutuhkan Hengki Ardiles dan kolega untuk menjauh dari zona merah tersebut.

© Taufik Hidayat/INDOSPORT
Indra Sjafri memberikan pengarahan di latihan jelang laga melawan Persela Lamongan. Copyright: Taufik Hidayat/INDOSPORTNilmaizar memberikan pengarahan di latihan jelang laga melawan Persela Lamongan.

Nil mengungkapkan dengan ditangguhkannya regulasi penggunaan pemain muda, maka tim pelatih akan bisa langsung menurunkan pemain-pemain terbaik dari awal laga. Termasuk dua pemain yang baru sembuh dari cedera, yaitu Ko Jae Sung dan Boas Artururi.

Baca Juga:

“Semua pemain siap untuk pertandingan nanti. Hanya Rudi yang kondisinya masih 80 persen dan Agung Prasetyo masih harus absen untuk dua pekan ke depan,” kata Nil.

“Ko Jae Sung dan Boas sudah bisa diturunkan dan peluang mereka untuk jadi starter ada dan cukup besar. Apalagi peraturan terbaru tidak ada lagi pembatasan,” jelasnya.

© Taufik Hidayat/INDOSPORT
Ko Jae-sung. Copyright: Taufik Hidayat/INDOSPORTKo Jae-sung.

Nil juga menyadari, pertandingan kontra Persela adalah pertandingan penting bagi timnya. “Target kami tentunya menang dan menang, dan semuanya akan kami buktikan dengan kerja keras dan usaha, selebihnya kami serahkan kepa Allah,” pungkas mantan pelatih Timnas Indonesia pada Piala AFF 2012 itu.

Apabila memang kedua pemain yang belum pernah tampil di Liga 1 itu dimainkan Nil pada pertandingan nanti, ditambah dengan tidak adanya kewajiban pemain muda, besar kemungkinan akan terjadi perubahan signifikan pada starting eleven tim nantinya.

Lini belakang dengan masuknya Boas, maka pilihannya adalah menggeser poisisi Novan Sasongko ke pos bek kanan untuk menggantikan posisi Hengki Ardiles. Di lini tengah, Ko Jae Sung kemungkinan akan diduetkan dengan Rudi atau Didier Zokora. Hal itu akan membuat Vendry Mofu bisa lebih fokus membantu penyererangan dan menopang pergerakan Tambun Naibaho.

© Taufik Hidayat/INDOSPORT
Irsyad Maulana. Copyright: Taufik Hidayat/INDOSPORTIrsyad Maulana.

Di kedua sisi sayap, duo winger andalan Kabau Sirah, Riko ‘Ucok’ Simanjuntak di kanan dan Irsyad Maulana di kanan akan dimainkan dari menit pertama untuk langsung menyisir lini pertahanan tim tamu.

Namun, Kabau Sirah masih tanpa striker andalannya, Marcel Sacramento. Pemain berdarah Brasil tersebut masih akan absen karena hukuman enam pertandingan yang diterimanya saat mendapatkan kartu merah kala Semen Padang takluk 0-1 dari Bhayangkara FC beberapa waktu yang lalu.

226