Fakta atau Mitos: Gaji Pesepakbola Top Lebih Kecil Dibanding Pendapatan Lainnya

Kamis, 6 Juli 2017 18:22 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Eli Suhaeli/INDPOSPORT
Cristiano Ronaldo dan Luis Suarez. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDPOSPORT
Cristiano Ronaldo dan Luis Suarez.

Menjadi seorang pesepakbola, dewasa ini memang menjadi pilihan karier yang menggiurkan untuk digeluti. Hal itu tidak lepas dari kehidupan mewah yang dimiliki oleh sejumlah pesepakbola top dunia.

Seperti diketahui, para pesepakbola top dunia seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Neymar, dan Paul Pogba merupakan sebagian pemain yang memiliki kekayaan berlimpah. Terbukti dari seringnya mereka membeli rumah dan mobil mewah, wisata ke luar negeri, dan juga ada beberapa yang memberi sumbangan besar kepada badan-badan amal.

Baca Juga

Namun tahukah Anda, bahwa ternyata kekayaan dan harta bergelimang yang dimiliki nama-nama di atas, hanya sebagian saja berasal dari gaji mereka di klub yang mereka perkuat? Ya, tanpa pernah terpikirkan sebelumnya, penghasilan mereka ternyata justru banyak berasal dari luar lapangan hijau.

Untuk membenarkan anggapan tersebut, INDOSPORT coba mengkaji dan mengumpulkan data-data yang dikumpulkan dari berbagai sumber terkait sumber-sumber penghasilan para pesepakbola top dunia, agar nantinya pembaca bisa menilai benarkah gaji utama pesepakbola top dunia tidak lebih besar dari penghasilannya di luar lapangan.

Cristiano Ronaldo

Sebuah majalah bisnis ternama Amerika Serikat, Forbes pernah menyebut megabintang Real Madrid sebagai salah satu pesepakbola terkaya di dunia. Tidak tanggung-tanggung, pemain yang sempat memperkuat Manchester United itu disebut memiliki total penghasilan yang mencapai lebih dari Rp1,23 triliun per tahun.

© Getty Images
Cristiano Ronaldo ketika berlatih bersama Timnas Portugal. Copyright: Getty ImagesRonaldo punya penghasilan lebih dari Rp1 triliun per tahunnya.

Dilansir dari Total Sportek, semenjak memperpanjang kontrak di Madrid pada November 2016 lalu, Ronaldo menerima bayaran sebesar 365 ribu poundsterling (sekitar Rp6,3 miliar) per minggu.

Dari situ terlihat jelas bahwa gaji di Madrid hanya memiliki sedikit andil dari total penghasilannya selama setahun. Lalu, dari mana asal sisa penghasilan Ronaldo lainnya?

Di sinilah otak bisnis Ronaldo terbukti berjalan dengan baik. Memanfaatkan nama besarnya yang sudah meraih banyak prestasi di lapangan hijau, mantan kekasih Irina Shayk itu sukses menarik banyak pihak untuk menjadi sponsornya.

Salah satu apparel olahraga terkemuka di dunia, Nike disebut menerima bayaran 14,1 juta poundsterling  (sekitar Rp244 miliar) setiap tahunnya. Belum lagi ditambah produk-produk lainnya yang bila ditotal harus menyerahkan uang sebanyak 12 juta poundsterling (sekitar Rp207 miliar) setiap tahun kepada Ronaldo.

© hopperhq.com
Cristiano Ronaldo. Copyright: hopperhq.comBiaya endorse Ronaldo di Instagram.

Satu hal lagi di luar sepakbola yang membuat Ronaldo berpenghasilan tinggi adalah kepopulerannya di sosial media. Memiliki lebih dari 106 juta followers di akun Instagram pribadinya, membuat banyak pihak menawarkan endorse kepada Ronaldo.

Hopper merilis Ronaldo merupakan orang ketiga di dunia yang memiliki bayaran tertinggi untuk endorse di media sosial. Untuk satu posting-an di Instagram, Ronaldo memasang tarif sebesar 400 ribu USD (sekitar Rp5,357 miliar).

Sekarang bayangkan bila dalam satu tahun, Ronaldo setiap bulannya membuat posting-an produk tertentu setiap bulannya sebanyak delapan kali, maka dalam setahun ia bisa meraup uang sebesar 38 juta USD (sekitar Rp509 miliar). Sebuah angka yang bahkan lebih besar dari gajinya di Madrid.

Total penghasilan itu sendiri bila ditambah dari berbagai bisnis pribadi yang dimilikinya. Mulai dari barang-barang fashion dan perhotelan yang sudah mulai ia bangun.

Luis Suarez

Telah disebutkan sebelumnya, bahwa Ronaldo merupakan salah satu contoh pesepakbola yang penghasilan terbesarnya justru datang dari luar lapangan hijau.

Namun, pada kenyataannya tidak semua pesepakbola memiliki nasib yang sama dengan putra pasangan Jose Dinis Aveiro dan Maria Dolores tersebut.

© VI-Images / Contributor / Getty Images
Caption Copyright: VI-Images / Contributor / Getty ImagesGaji Suarez jauh lebih besar ketimbang penghasilannya di luar lapangan.

Contohnya, seperti yang dirasakkan oleh penyerang subur Barcelona, Luis Suarez. Bila Ronaldo lebih mengandalkan kehidupan di luar kulit bundar sebagai penghasilan terbanyak, maka mantan penyerang Liverpool itu lebih mengutamakan gaji yang ia terima di Barcelona.

Dilansir dari Forbes, selama satu tahun, pemain berkebangsaan Uruguay tersebut menerima 17,3 juta USD (sekitar Rp231 miliar) dari Barcelona. Itu sudah termasuk gaji pokok dan bonus-bonus bila mampu merebut gelar juara.

Namun, dari segi penghasilan di luar lapangan, Suarez tidak terlalu pandai berbisnis seperti Ronaldo. Tercatat, satu-satunya penghasilan terbesar dari luar lapangan yang dimiliki Suarez datang dari salah satu apparel olahraga terkemuka, Adidas.

Telegraph pernah memberitakan bahwa setiap tahunnya, Suarez menerima dana sebesar 1 juta poundsterling (sekitar Rp17,3 miliar) dari Adidas, yang mengontraknya sebagai salah satu ikon.

Selebihnya, rekan satu tim Lionel Messi dan Neymar itu tercatat tidak memiliki bisnis lain di luar sepakbola. Akun Instagram pribadinya pun tidak bisa banyak menjual lantaran hanya memiliki 22 juta followers. Sangat jauh bila dibandingkan dengan yang dimiliki oleh Ronaldo.

894