Jika Tak Ingin Dipenjara, Berikut Uang yang Harus Dibayar Messi

Sabtu, 8 Juli 2017 04:20 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
© Power Sport Images/Getty Images
Bintang Barcelona, Lionel Messi resmi memperpanjang kontraknya. Copyright: © Power Sport Images/Getty Images
Bintang Barcelona, Lionel Messi resmi memperpanjang kontraknya.

Pengadilan Spanyol telah memvonis Lionel Messi 21 bulan penjara. Messi dianggap terbukti bersalah telah menggelapkan pajak senilai 3,5 juta poundsterling (Rp60 miliar) atas hak citra yang tidak dilaporkannya.

Meski masih bisa menghirup udara segar lantaran peraturan di Spanyol, yang menyebutkan bahwa terpidana yang dihukum di bawah 2 tahun tak perlu mendekam di penjara, Messi tetap harus membayar sejumlah denda.

© Getty Images
Lionel Messi saat memperkuat Argentina. Copyright: Getty ImagesLionel Messi saat memperkuat Argentina.

Sebagai gantinya pria berusia 29 tahun tersebut diwajibkan untuk membayar denda sebesar 1,7 juta poundsterling (Rp29 miliar) dan menjalani masa percobaan. Selain itu Messi juga harus membayarkan ganti kerugian negara sebesar 5 juta euro (Rp76,4 miliar) atas perbuatannya.

Denda tersebut sudah termasuk bunga yang harus dibayarkannya sejak tahun 2013 silam. Messi sempat mengajukan permohonan banding atas kasus yang menjeratnya.

Baca Juga:

  • Ketika Ruang Ganti Pemain Jadi Sarang Mesum

  • (FOTO) Persiapan Jadi Rekan Setim, Lukaku Latihan Bareng Pogba

Namun Mahkamah Agung Spanyol bulan lalu. Imbasnya, Messi tetap harus menyetorkan uang sebesar 252 ribu euro (Rp3,85 miliar) untuk terhindar dari penjara. Ini artinya Messi wajib membayar denda sebesar 400 euro (Rp6,1 juta) per hari agar tak dikurung dalam penjara.

© Internet
Lionel Messi dan Ayahnya, Jorge Messi saat sedang dalam sidang karena kasus pajak di Spanyol. Copyright: InternetLionel Messi dan Ayahnya, Jorge Messi saat sedang dalam sidang karena kasus pajak di Spanyol.

Selain dirinya, Jorge, sang ayah juga mendapat hukuman akibat melakukan perbuatan yang sama. Seperti dilansir dari The Sun, Jorge hanya mendapatkan hukuman 15 bulan penjara, 6 bulan lebih ringan ketimbang Messi.

Jorge juga dibebankan denda akibat pelanggaran pajak yang dilakukannya. Ayah sang megabintang in diwajibkan menyetor  denda sebesar 1,1 juta poundsterling (Rp18 miliar).