Piala AFF U-15 2017

Timnas U-16 2-2 Myanmar U-16: Gol Telat Selamatkan Garuda

Minggu, 9 Juli 2017 18:21 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Ramadhan
 Copyright:

Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 mengawali kiprah di kancah Piala AFF U-15 2017 di Thailand dengan kurang meyakinkan. Garuda Asia, julukan Timnas U-16, harus puas bermain imbang Timnas Myanmar U-16 dengan skor 2-2 pada laga pembuka Grup A Piala AFF U-15 2017 di Thailand.

Babak Pertama:

Pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini langsung memberikan mandat kepada anak asuhannya untuk mengambil serangan sejak awal pertandingan. Terbukti, beberapa peluang tercipta.

Instruksi dari Fakhri berbuah hasil. Rendy Juliansyah mencetak gol cepat di menit ke-3. Memanfaatkan sepak pojok, sontekan Rendy sedikit berubah setelah membentur pemain lawan. Kiper Myanmar U-16 kaget dan tidak bisa menghalau bola yang masuk ke gawanya.

Ketinggalan satu gol, Myanmar U-16 tersentak. Kali ini, mereka mengambil alih jalannya pertandingan.

Asyik menyerang, Myanmar U-16 lengah. Lewat serangan balik, Rendy hampir saja menggandakan keunggulan Garuda Asia, julukan Timnas U-16. Sayang, Rendy kurang fokus saat berhadapan satu lawan satu dengan kiper Myanmar U-16. Placing cantiknya masih melebar tipis di sisi kiri gawang Myanmar U-16.

Timnas U-16 membuat kesalahan kala Reza Fauzan melanggar pemain Myanmar U-16 di kotak terlarang. Tanpa tendeng aling-aling, wasit langsung menunjuk titik putih untuk Myanmar U-16.

Baca Juga:

N.N Soe yang ditunjuk sebagai algojo tidak menyia-nyiakan kesempatan. Tendangannya berhasil menembus gawang Garuda Asia.

Gol penyama kedudukan itu membuat Timnas U-16 terkejut nan panik. Selang tiga menit kemudian, Myanmar U-16 mengembalikan keadaan.

Diawali kerja sama apik, L.M Htwe sukses memaksa kiper Garuda Asia, Alhudz Fikri memungut bola untuk kedua kalinya dari gawang sendiri. Myanmar U-16 menutup paruh pertama dengan keunggulan 2-1.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Timnas U-16 kembali bermain menyerang. Sepakan Rendy di menit ke-48 mengancam gawang Myanmar U-16. Namun sayang, tendangannya masih lemah.

Lagi! Rendy mendapatkan peluang untuk menyamakan kedudukan. Entah kurang beruntung atau akurasi yang lemah, tandukannya hanya menyamping dari gawang tim lawan.

Pertandingan yang hanya berlangsung selama 80 menit itu mendapat tambahan empat menit waktu injury time dari pengadil pertandingan. Timnas U-16 gencar melakukan serangan di sisa pertandingan.

Booom! Bola liar hasil umpan crossing disambut dengan tendangan keras oleh pemain pengganti, Miftahul Husyen. Sepakan penuh tenaganya meluncur deras ke sisi kanan gawang Myanmar U-16.

Gol penyeimbang di menit ke-84 itu sekaligus menandakan pertandingan telah berakhir. Skor 2-2 menjadi hasil yang adil bagi kedua negara.

Susunan Pemain Timnas U-16:

Timnas U-16 (4-3-3): Ahludz Dzikri; Amirudin Bagas, Muhammad Reza Fauzan, Ahmad Rusadi, Liba Valentino; Kartika Vedayanto, Byrlian Aldama, David Maulana; Andre Oktaviansyah, Rendy Juliansyah, Althaf Indie.

Pelatih: Fakhri Husaini.

5.2K