5 'Legenda' yang Kembali ke Klub Lamanya

Senin, 10 Juli 2017 15:23 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Andriy Shevchenko, Wayne Rooney dan Fernando Torres. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Andriy Shevchenko, Wayne Rooney dan Fernando Torres.

Legenda Manchester United, Wayne Rooney, kembali ke klub masa kecilnya pasca 13 tahun malang melintang bersama Setan Merah. The Wazza kembali dengan sosok yang lebih dewasa, dan tentunya pengalaman yang lebih mumpuni.

Baca Juga:

Pasalnya, di tahun 2004 Rooney pergi meninggalkan kampung halamannya di Goodison Park menuju Old Trafford dengan umur yang terbilang masih belia sebagai seorang pesepakbola profesional, yakni 18 tahun.

© Everton FC
Wayne Rooney saat bermain untuk Everton. Copyright: Everton FCWayne Rooney saat bermain untuk Everton.

Di Manchester United, dirinya menjadi seorang legenda di bawah kepelatihan manajer ternama, Sir Alex Ferguson. Berkat tangan dinginnya, Rooney telah mencetak 253 gol dan 145 assists dari 559 laga yang telah dilakoninya.

Tak hanya itu saja, berbagai gelar pun telah ia raih bersama Setan Merah. Liga Primer Inggris dan Community Shield telah 5 kali ia raih, dengan 4 Piala Carling (sekarang Piala EFL), serta masing-masing 1 Piala Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, dan Piala FA.

© Metro
Wayne Rooney menjadi pencetak gol terbanyak Man United. Copyright: MetroWayne Rooney menjadi pencetak gol terbanyak Man United.

Namun, keberhasilan yang ia raih di Old Trafford kini terbentur dengan yang namanya usia. Di umurnya yang telah menginjak 31 tahun, Rooney sudah dianggap tidak lagi menjadi bomber tajam di dalam kotak penalti lawan.

Penurunan performa fisiknya pun terlihat pada musim 2016/17 lalu. Tercatat, Rooney pernah 3 kali berkutat dengan cedera yang ia alami, seperti cedera engkel, lutut, dan hamstring. Hal ini pun membuatnya menjadi pilihan yang kesekian oleh Jose Mourinho.

© @Everton
Wayne Rooney resmi bergabung ke Everton. Copyright: @EvertonWayne Rooney resmi bergabung ke Everton.

Rooney yang dulu kerap menjadi pilihan utama di lini depan Setan Merah, merasa ‘ogah’ saat dirinya menjadi penghangat bangku cadangan. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk pergi meninggalkan klub yang telah membesarkan namanya tersebut menuju klub masa kecilnya, Everton.

Melihat hal ini, INDOSPORT mencoba merangkum beberapa pemain sepakbola Eropa yang telah malang melintang serta meraih kesuksesan bersama beberapa klub, sebelum akhirnya kembali ke kampung halamannya.

5.1K