Liga 1

Jakmania Away ke Bandung, PT LIB: Setiap Orang Punya Hak untuk Menonton Pertandingan

Selasa, 11 Juli 2017 17:59 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/Indosport
The Jakmania tetap setia mendukung Persija Jakarta. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
The Jakmania tetap setia mendukung Persija Jakarta.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 memberikan lampu hijau kepada suporter Persija Jakarta, Jakmania mendatangi Bandung saat menghadapi tuan rumah Persib Bandung. Pertandingan sarat gengsi tersebut akan berlangsung pada pekan ke-16, 22 Juli 2017 mendatang.

© Internet
Caption Copyright: InternetPersija akan melakoni laga tandang melawan Persib di pekan ke-16 Liga 1.

Melalui Direktur Operasionalnya (COO), Tigor Shalomboboy, PT LIB menuturkan bahwa menonton pertandingan sepakbola langsung di stadion merupakan hak setiap warga. Namun, tentu ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan sebelumnya.

Baca Juga

“Setiap orang punya hak yang sama untuk menonton pertandingan. Tapi, di luar itu kan kita juga dalam satu komunitas, yang mungkin membuat itu bisa saja tidak dilakukan. Dalam hal ini, kita bicara dalam aspek keamanan,” ucap Tigor kepada wartawan.

“Kalau dalam hal itu kepolisian tidak mengizinkan dari sisi keamanan, ya sama seperti yang sebelum-sebelumnya dilakukan,” tambahnya.

© persibholic.com
CEO PT Liga Indonesia Baru, Tigor Shalom Boboy. Copyright: persibholic.comDirektur Operasional PT LIB, Tigor Shalomboboy.

Menurut Tigor, kemungkinan bisa atau tidaknya Jakmania away ke Bandung tergantung izin dari kepolisian setempat. Kendati sebelumnya, PSSI dan PT LIB tak mempersoalkan wacana tersebut.

“Berarti tanpa kehadiran Jakmania misalnya. Itu yang kita bisa sampaikan,” ujar Tigor.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi mengatakan memang ingin membiarkan Jakmania untuk bisa menonton laga Persija vs Persib di Bandung.

"Kami coba nanti kita lepas di Bandung akan berantem atau tidak tuh Jakmania dengan suporter Persib,” ujar Edy kepada wartawan beberapa waktu yang lalu.

”Saya mau melepas karena mereka kalau kita larang-larang nanti berantem, itu kaya anak kecil yang kita larang berantem tapi kita lihat nanti kalau dilepas bagaimana,” tambahnya.

© pssi.org
Ketua umum PSSI, Edy Rahmayadi saat memberikan komentar kepada wartawan usai ikut latihan bersama skuat timnas U-22 dan U-19. Copyright: pssi.orgKetua umum PSSI, Edy Rahmayadi saat memberikan komentar kepada wartawan usai ikut latihan bersama Skuat timnas U-22 dan U-19.

Terkait ucapan Ketum PSSI tersebut, Tigor pun menyatakan bahwa hal itu masih perlu dipertimbangkan lebih dulu secara matang dan menghubungi berbagai pihak.

“Memang kemarin kan Pak Edy sempat menyampaikan "ya sudah sekalian saja lepas" tapi ya kita harus melihatnya juga, harus berkomunikasi dengan banyak pihak,” tuturnya.

“Kita tidak mau juga nanti justru berita suporternya lebih ramai daripada berita pertandingannya itu sendiri. Kita serahkan kepada Persib sebagai tuan rumah untuk berkoordinasi kepada keamanan dan segala yang terbaik,” pungkas Tigor.

1.2K