Jelang Laga Perdana, Malaysia Berikan Alarm ke Timnas U-22 Indonesia

  • Timnas Malaysia akan melawan Timnas Indonesia pada 19 Juli mendatang di kualifikasi Piala Asia U-23.
  • Timnas Malaysia memberikan peringatan keras usai menang 2-0 atas Myanmar.
Minggu, 16 Juli 2017 20:38 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Internet
Ilustrasi Timnas Malaysia Copyright: © Internet
Ilustrasi Timnas Malaysia

Timnas U-22 Malaysia tampaknya memberikan peringatan keras ke Timnas Indonesia jelang laga perdana kualifikasi Piala Asia U-23 pada 19 Juli 2017 mendatang. Bagaimana tidak, meski baru berlatih sehari, tim muda Harimau Malaya sudah menunjukkan tajinya dengan menundukkan Myanmar dengan skor 2-0 pada Kamis (13/07/17) lalu.

Baca Juga

Timnas U-22 Malaysia membuktikan mereka patut diperhitungkan meski hanya menjalani latihan singkat. Pada laga uji coba di Stadion Shah Alam, tim asuhan Datuk Ong Kim Swee yang baru berkumpul  berhasil memperagakan permainan yang meyakinkan. 

Kemenangan 2-0 atas Myanmar itu menjadi motivasi lebih sebelum mengarungi pertandingan kualifikasi Piala Asia U-23 di Bangkok, Thailand nanti. Formasi baru 3-4-3 yang diterapkan oleh pelatih Malaysia ternyata mampu diterima baik anak asuhnya dan membuktikan mereka sudah nyaman dengan formasi tersebut.

"Namun, masih ada beberapa lagi kelemahan di beberapa bagian ketika mereka terkadang tidak menunjukkan keserasian dalam formasi itu," ujar Datuk Ong Kim Swee selaku pelatih Timnas U-22 Malaysia seperti dilansir dari Berita Harian.

"Masih ada beberapa hari sebelum kita berangkat ke Bangkok dan saya mengharapkan mereka dapat membentuk kembali pemahaman untuk meningkatkan lagi kualitas permainan mereka," sambungnya.

Pelatih Timnas Malaysia U-22, Ong Kim Swee. Copyright: Hasriyasyah Sabudin/Berita HarianPelatih Timnas Malaysia U-22, Ong Kim Swee.

Hasil uji coba Timnas U-22 Malaysia itu tentu cukup mengejutkan sekaligus menjadi peringatan bagi Timnas U-22 Indonesia agar tidak menganggap remeh skuat Harimau Malaya di laga perdana kualifikasi Piala Asia U-23. Pasalnya sebelum menang 2-0 atas Myanmar, kondisi Timnas U-22 Malaysia sangat tidak kondusif.

Sebelumnya dikabarkan latihan Timnas U-22 hanya dihadiri oleh dua pemain lantaran klub Liga Malaysia enggan melepas pemain ke Timnas (sebelum tanggal 12 Juli). Tim-tim Malaysia disinyalir memilih untuk tidak melepaskan pemain mereka untuk pemusatan latihan dan kualifikasi AFC U-23 karena hal itu tidak bersifat wajib karena itu merupakan turnamen kelompok usia dan tidak masuk ke kalender FIFA.  

Skuat Timnas Malaysia. Copyright: http://www.fam.org.my/Ilustrasi skuat Timnas Malaysia.

Saat ini Skuat Timnas U-22 Malaysia dikabarkan sudah bertolak ke Bangkok pada hari ini, Minggu (16/07/17). Mereka menyusul Timnas U-22 Indonesia yang sudah tiba lebih dahulu sejak Selasa (11/07/17) lalu dengan alasan untuk melanjutkan persiapan yang lebih matang.