Irfan Bachdim 'Bakar' Semangat Timnas U-16 Meski Gagal di Piala AFF U-15

  • Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 tampil mengecewakan di ajang Piala AFF U-15.
  • Garuda Asia gagal lolos ke semifinal usai hanya duduk di peringkat ke-5 Grup A.
  • Terkait hal itu, bintang Timnas Senior Indonesia, Irfan Bachdim, memberikan semangatnya.

Senin, 17 Juli 2017 20:07 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Ramadhan
Muhammad Qomarudin/INDOSPORT
Penyerang Bali United, Irfan Bachdim. Copyright: Muhammad Qomarudin/INDOSPORT
Penyerang Bali United, Irfan Bachdim.

Timnas U-16 hanya mampu meraih satu kali kemenangan yang tak berarti apa-apa lagi di pertandingan terakhir Grup A Piala AFF U-15 melawan Singapura. Pada laga itu, Garuda Asia menang 2-0 atas Singapura pada laga yang berlangsung di Chonburi Campus Stadium, Thailand.

Meski menang, namun kenyataan jika Skuat Garuda Asia tampil mengecewakan di Piala AFF U-15 tak bisa dibantah. Bintang Timnas Indonesia senior, Irfan Bachdim, pun memberikan penilaian terhadap kegagalan penggawa Timnas U-16 di ajang tersebut.

Striker Timnas Indonesia, Irfan Bachdim saat men-dribble bola Copyright: INDOSPORT/Prima PribadiStriker Timnas Indonesia, Irfan Bachdim saat men-dribble bola

“Pemain Timnas U-16 harus belajar dari kesalahan mereka. Saya harap mereka bisa lebih baik lagi di masa mendatang,” ujar Irfan Bachdim.

“Kegagalan bukanlah masalah, semua orang pasti memiliki harapan yang terlalu besar bagi kita untuk menjadi juara. Yang terpenting adalah memberikan yang terbaik dan kerja keras untuk negara,” tambahnya.

Baca Juga:

Skuat Timnas Indonesia U-16. Copyright: Twitter@pssi__faiSkuat Timnas Indonesia U-16.

Terkait keluhan Timnas U-16 yang merasa tak cocok bermain di lapangan sintetis selama berlaga di Thailand, bintang Bali United tersebut menganggap jika seharusnya hal tersebut tak menjadi alasan yang dibuat untuk menutupi kegagalan.

Bachdim menyebut semua pesepakbola harus memiliki kemampuan beradaptasi dengan medan lapangan di manapun bermain. Jadi, hal tersebut tak perlu menjadi alasan yang krusial bagi tim.

Fakhri Husaini menunjukan formasi kepada anak asuhnya. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTFakhri Husaini menunjukan formasi kepada anak asuhnya.

“Kalau alasan lapangan yang berbeda, setiap negara pasti memiliki medan lapangan yang berbeda dan kita sebagai pemain harus menyesuaikan hal tersebut,” tutupnya.