Liga 1

Begini Pola Pengamanan Super Ketat di Laga Persib vs Persija

  • Persib Bandung akan menjamu Persija Jakarta pada pekan ke-16 Liga 1.
  • Pada laga itu, pihak kepolisian mulai merancang pola pengamanan pertandingan yang ketat.
Senin, 17 Juli 2017 19:37 WIB
Kontributor: Gita Agiet | Editor: Ramadhan
© INDOSPORT/INTERNET
Logo Persija Jakarta vs Persib Bandung. Copyright: © INDOSPORT/INTERNET
Logo Persija Jakarta vs Persib Bandung.

Pengamanan ketat akan dilakukan pihak kepolisian Bandung saat penyelenggaraan pertandingan Persib Bandung kontra Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage Bandung, Sabtu (22/7/2017). Maklum rivalitas kedua suporter hingga saat ini belum damai.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo mengatakan setidaknya pengamanan hingga empat ring akan dilakukan agar pertandingan berjalan dengan aman dan lancar.

“Pola pengamanan sebenarnya kita selalu lakukan setiap pertandingan Persib apalagi sekarang lawannya Persija. Pola pengamanan kita buat empat ring. Untuk ring empat ditempatkan di jalur termasuk pintu tol,” ujar Hendro di Aula Mapolrestabes Bandung, Senin (17/07/17).

Tatap mukan Bobotoh dengan polisi. Copyright: Ginanjar/INDOSPORTTatap mukan Bobotoh dengan polisi.

Saat ini proses pengamanan tengah disusun dan direncanakan dengan baik sehingga bisa meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

“Rencana pengamanan sedang kita susun, tapi tentunya lebih dari 2.200 personel seperti yang sudah-sudah. Saya sudah koordinasi dengan Kapolres Jakarta Pusat, Depok, termasuk suporter-suporter the Jakmania,” tegasnya.

Sebelumnya, jelang laga Persib Bandung kontra Persija Jakarta pada pekan ke-16 Liga 1 yang akan digelar Sabtu (22/07/17) mendatang, sejumlah pendukung fanatik Maung Bandung yakni Bobotoh dipanggil pihak kepolisian. Pertemuan itu dalam rangka membahas perihal keamanan laga.

Baca Juga:

Pendukung Persib Bandung, Bobotoh dan Viking. Copyright: Ghozi El-Fitra/INDOSPORTPendukung Persib Bandung, Bobotoh dan Viking.

Manajer tim Persib, Umuh Muchtar dan General Coordinator Panpel Persib, Budi Bram Rachman juga hadir di Aula Mapolrestabes Bandung, Senin (17/07/17). Pertemuan itu menyarankan agar suporter Persija Jakarta, The Jakmania, tak nekat untuk datang ke Bandung untuk menyaksikan laga.

“Jelang Persib dan Persija, magnet atmosfer ini begitu dahsyat. Meskipun PSSI memperbolehkan, tapi untuk menjaga situasi kamtibmas, saya mengimbau The Jak (suporter Persija) untuk tidak datang (ke Bandung),” ujar Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Hendro Pandowo dalam sambutannya.

Tendangan bebas Persija Jakarta oleh Willian Pacheco ke gawang Persib Bandung. Copyright: indonesianscTendangan bebas Persija Jakarta oleh Willian Pacheco ke gawang Persib Bandung.

Namun yang pasti, Hendro berharap agar suporter Macan Kemayoran tidak datang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan apalagi sampai menghentikan pertandingan.

Hal yang sama diungkapkan manajer tim Persib, Umuh Muchtar. Demi menjaga keamanan Kota Bandung, diharapkan The Jakmania tidak datang ke Bandung.

“Saya juga meminta Bobotoh untuk juga tidak hadir ke Jakarta kalau memang nanti Persib main di Jakarta,” tegasnya.

Suporter Persija Jakarta atau Jakmania. Copyright: Antara/Puspa PerwitasariSuporter Persija Jakarta atau Jakmania.

Sementara itu, perwakilan Bobotoh, Agus Ompong membenarkan alangkah baiknya jika The Jakmania tidak hadir ke Stadion menyaksikan pertandingan Persib kontra Persija.

“Saya sepakat The Jak tidak datang ke Bandung. Kita juga sepakat Bobotoh tidak datang ke Jakarta. Kami tetap meminta meski (Jakmania) tidak datang agar pengamanan diperketat,” tandasnya.