3 Pelajaran Penting Man City Pasca Digilas Man United

Jumat, 21 Juli 2017 19:37 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Gabriel Jesus dan Eliaquim Mangala tertunduk lesu usai Manchester City takluk dari Manchester United. Copyright: © INDOSPORT
Gabriel Jesus dan Eliaquim Mangala tertunduk lesu usai Manchester City takluk dari Manchester United.

Manchester United melanjutkan tren positifnya dalam tur pramusimnya jelang kompetisi musim 2016/17. Setelah menundukkan LA Galaxy dan Real Salt Lake dalam laga persahabatan, Setan Merah kembali merebut kemenangan di laga perdananya dalam turnamen International Champions Cup (ICC) 2017.

Tidak tanggung-tanggung, menghadapi sang tetangga, Manchester City di NRG Stadium pada Jumat (21/07/17) pagi tadi, Man United sukses keluar sebagai pemenang dengan skor 2-0 lewat gol Romelu Lukaku dan Marcus Rashford.

Baca Juga

Meski terpaksa mengakui keunggulan rival satu kotanya tersebut, Man City setidaknya bisa memetik tiga pelajaran penting, agar nantinya ketika bertemu di Liga Primer Inggris 2017/18, mereka tidak mengalami hal yang sama.

1.  Ederson Pembelian Sia-sia?

Pada bursa transfer jelang musim 2017/18, Man City membuat kejutan dengan mendatangkan kiper berusia 23 tahun asal Brasil, Ederson Moraes seharga 40 juta euro atau sekitar Rp598 miliar.

Dana transfer itu sendiri menjadikan Ederson sebagai kiper termahal kedua di dunia setelah Gianluigo Buffon, saat didatangkan Juventus dari Parma dengan nilai transfer mencapai 52 juta euro (sekitar Rp778 miliar). Dengan dana sebesar itu, tentu Ederson diharapkan menjadi andalan dalam urusan menghalau gawang Man City dari kebobolan.

Namun, harapan tersebut seolah luntur saat ia memulai debutnya. Kiper yang sebelumnya memperkuat Benfica itu melakukan blunder fatal dengan terlambat mengantisipasi bola umpan dari Paul Pogba, yang kemudian mampu dimaksimalkan dengan baik oleh Lukaku.

Performa buruknya tersebut pun bisa jadi membuat Guardiola mulai berpikir ulang apabila ingin memainkannya sebagai kiper utama Man City dalam mengarungi musim kompetisi 207/18.

2. Man City Punya Wonderkid Menjanjikan

© INDOSPORT
Pemain muda Manchester City, Phil Foden. Copyright: INDOSPORTPemain muda Manchester City, Phil Foden.

Terlepas dari hasil kekelahan 0-2 dari Man United, laga yang sedikitnya disaksikan 70 ribu penonton tersebut menjadi hal spesial bagi Man City. Pasalnya di laga itu, terdapat satu pemain akademinya yang tampil gemilang.

Dia adalah Phil Foden yang bermain di posisi gelandang tengah. Meski baru berusia 17 tahun, Fodden dalam pertandingan melawan Man United sempat menciptakan sejumlah peluang yang nyaris membuat David De Gea memungut bola dari gawangnya.

Selepas pertandingan, pelatih The Citizens, Pep Guardiola pun tidak berhenti memberikan pujian kepada pemain lulusan akademi sepakbola Man City itu.

"Kalian para awak media adalah orang yang beruntung karena bisa melihat debut Foden bersama tim utama Man City," ujar Guardiola seperti dikutip dari Goal.

"Performanya seperti ada di level lain dan ia masih 17 tahun. Saya pastikan ia akan bersama kami dan ia bisa jadi berada di utama karena sosoknya memang spesial," tutupnya.

3. The Citizens Wajib Cari Bek Kiri!

© Xavier Laine/Getty Images
Bek sayap andalan AS Monaco, Benjamin Mendy. Copyright: Xavier Laine/Getty ImagesBek kiri Monaco yang tengah diincar Man City, Benjamin Mendy.

Dalam daftar pemainnya saat ini, satu hal yang menjadi sorotan dalam kubu Man City adalah minimnya pemain di posisi bek kiri. Memang ada nama Aleksandar Kolarov, namun pemain asal Serbia itu tidak diperpanjang kontraknya dan dikabarkan segera bergabung dengan AS Roma.

Kekurangan pemain di posisi itu pun berdampak jelas bagi Man City saat berhadapan dengan Man United. Memansangkan Fernandinho yang aslinya bermain di posisi gelandang bertahan ternyata tidak banyak membantu dan membuat lini belakang Man City keropos.

Hasilnya pun terlihat dari gol kedua Man United. Menerima operan dari Mkhitaryan di sisi tengah, Rashford dengan leluasa dan tanpa kawalan melaju di sisi kiri pertahanan Man City, sebelum kemudian melepaskan tembakan keras yang tidak mampu dibendung Ederson.

Kenyataan itu pun membuat Man City wajib mendatangkan pemain di posisi bek kiri sebelum memulai musim 2017/18. Klub yang bermarkas di Etihad Stadium itu pun tengah mengusahakan transfer Bejamin Mendy dari AS Monaco yang ditaksir senilai 50 juta poundsterling (sekitar Rp865 miliar).

2.5K