6 Pesepakbola yang Harus Pensiun di Usia Emas

Jumat, 21 Juli 2017 18:04 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Galih Prasetyo
© Grafis:Yanto/Indosport/getty images
Sebastian Deisler, Michu dan Marco van Basten. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport/getty images
Sebastian Deisler, Michu dan Marco van Basten.

Usia memang menjadi faktor utama yang mendukung karier seorang pesepakbola. Hal itu dikarenakan, usia turut memengaruhi kelincahan, kekuatan fisik, dan juga kemampuan dalam mengolah si kulit bundar.

Umumnya, rentang usia antara 20 hingga 30 tahun merupakan usia emas bagi seorang atlet sepakbola. Pada masa tersebut, mereka mempunyai fisik yang masih muda dan kuat. Terlebih lagi, di usia muda itu, mereka mempunyai banyak kesempatan untuk bisa mengembangkan kemampuan dan performanya.

Baca Juga

Sementara, ketika seorang pesepakbola telah berkepala tiga, dikatakan bahwa kemampuan mereka akan menurun. Fisik yang tidak lagi mendukung juga menjadi penyebab performanya kian memburuk.

Namun nyatanya, masih banyak pesepakbola yang berusia di atas 30 tahun masih memperlihatkan performa yang ciamik. Sebut saja, megabintang Real Madrid, yaitu Cristiano Ronaldo.

© Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo. Copyright: Robbie Jay Barratt - AMA/Getty ImagesKapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo.

Di usianya yang sudah berkepala tiga, yaitu 32 tahun nyatanya tidak membuat dirinya menampilkan performa yang buruk. Sebaliknya, kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar justru semakin mantap. Begitu pula dengan catatan gol dan assists yang ditorehkannya.

Terlihat pula dari banyaknya gelar, baik bersama klub ataupun individu, yang berhasil diraihnya sejak menggeluti karier di dunia persepakbolaan. Sebab, semakin banyak seorang pesepakbola diberi kesempatan untuk merasakan 'pertarungan' di lapangan hijau, tentu kemampuan mereka akan semakin berkembang.

Kemampuan baik yang diperlihatkan olehnya pun turut membuat dirinya masih diperhatikan oleh banyak klub besar di Eropa. Bahkan, ia bisa dikatakan sebagai 'ikon' di dunia sepakbola pada zaman sekarang ini.

©
Megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Copyright: Megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Namun sayangnya, tidak semua pesepakbola mempunyai masa depan yang cerah layaknya seorang Ronaldo. Pasalnya, ada beberapa pesepakbola yang harus menggantung sepatu alias pensiun dari dunia si kulit bundar di usianya yang masih muda atau saat mereka sedang dalam masa keemasan.

Salah satu hal yang menjadi penyebab di balik keputusan pensiun itu tidak lain adalah karena masalah cedera. Selain itu, ada pula masalah lain, yang berasal dari seseorang itu sendiri, yang membuat dirinya merasa mantap untuk pensiun.

Berikut ini INDOSPORT merangkum sederet pemain sepakbola yang memutuskan untuk pensiun di usia emasnya, baik akibat cedera ataupun masalah lain.