Liga 2

Jatidiri Siap Dibongkar, PSIS Semarang Pindah ke Stadion Tetangga

Jumat, 21 Juli 2017 15:50 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Gregah/INDOSPORT
Stadion Jatidiri difoto dari kejauhan. Copyright: © Gregah/INDOSPORT
Stadion Jatidiri difoto dari kejauhan.

Stadion Jatidiri tengah dalam proses renovasi dan diperbesar kapasitas tempat duduknya. Meski pemugaran tahap dua dicap gagal karena peserta lelang tak memenuhi syarat yang ditetapkan oleh pihak ULP (Unit Pengadaan Lelang), bulan Agustus nanti diharapkan proses renovasi markas kebanggaan PSIS Semarang itu bakal dilanjutkan kembali.

Mengenai penyebab gagalnya proses lelang, CEO PSIS Semarang, AS Sukawijaya atau akrab dengan sapaan Yoyok Sukawi tidak bisa berkomentar banyak. Namun dalam rilis resmi PSIS disebutkan juga lelang tahap kedua sudah dimulai per tanggal 10 Juli kemarin.

© Gregah/INDOSPORT
Tribun selatan Jatidiri sudah rampung sekitar 60 persen. Copyright: Gregah/INDOSPORTTribun selatan Jatidiri sudah rampung sekitar 60 persen.

Baca juga:

Renovasi Jatidiri memang digarap secara bertahap dan tidak bisa dilakukan sekaligus. Ada beberapa penyebabnya, selain karena kurangnya anggaran, PSIS juga masih aktif di sejumlah kompetisi sejak tahun kemarin, seperti Indonesia Soccer Championship (ISC) B, sementara stadion pengganti belum bisa disiapkan.

Mendekati akhir bulan Juli ini, kepastian mengenai kapan renovasi Stadion Jatidiri bisa mulai digarap, Yoyok Sukawi menyebut bulan Agustus sudah start pembongkaran lagi.

© Dok. Pribadi/Yoyok Sukawi
CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi. Copyright: Dok. Pribadi/Yoyok SukawiCEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi.

"Renovasi Stadion Jatidiri sudah masuk tahapan lelang, rencana bulan Agustus sudah mulai dibongkar," jelas Yoyok Sukawi ketika dihubungi INDOSPORT.

Dengan begini, Laskar Mahesa Jenar wajib mencari pengganti stadion baru untuk tetap bisa mengarungi kompetisi Liga 2 Indonesia. Sempat ada dua tempat yang diusulkan, yakni Stadion Kebondalem (Kendal) dan Stadion Moch Soebroto (Magelang), namun opsi pertama nampaknya menjadi pilihan.

"Apabila (Stadion Jatidiri) sudah dibongkar, PSIS akan pindah homebase di Kendal, di Stadion Kebondalem," katanya lagi menerangkan.

Di tahun 2018 akan dilakukan lelang lagi untuk tahap ketiga, anggaran yang sudah tersedia dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) baru sekitar Rp92 miliar dan rencananya akan digunakan untuk menyelesaikan rumput dan menyelesaikan struktur secara keseluruhan. Dan sisa kekurangannya sekitar Rp110 miliar akan diupayakan oleh Komisi E Jawa Tengah.

Jika kembali mundur, Stadion Jatidiri terancam baru bisa digunakan atau diresmikan tahun 2019. Padahal rencana awalnya adalah awal 2018.

79