Pemain Lontarkan Candaan Rasis Saat di China, Chelsea Minta Maaf

Senin, 24 Juli 2017 15:06 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Sky Sports
Kenedy bercanda dengan nada rasis saat berada di China. Copyright: © Sky Sports
Kenedy bercanda dengan nada rasis saat berada di China.

The Blues telah dipaksa untuk minta maaf setelah kelakuan nyeleneh salah satu penggawa mudanya, Kenedy, saat klub pemenang Liga Primer Inggris 2016/17 ini melakukan tur pramusim ke China.

Kenedy mengunggah dua videonya dalam Instagram Story dengan caption yang dinilai bernada rasis dan xenofobia. Pada unggahan yang pertama, pemain 21 tahun ini merekam dirinya sendiri dan menulis "Porra china" yang jika diterjemahkan dalam Bahasa Inggris bermakna kasar, yakni "F*ck China".

Sementara di posting-an satunya, ia merekam seorang petugas keamanan yang tengah tertidur yang dibarengi dengan keterangan "Acorda china vacilao", yang berarti "Bangun, China. Anda idiot."

Baca Juga

  • 3 Penyerang Mahal yang Mandul di Chelsea

  • Arsene Wenger 'Bongkar' Alasan PSG Incar Neymar

Setelah dikecam keras, Kenedy akhirnya menyampaikan permintaan maaf, masih menggunakan Instagram Story. "Halo teman-teman, hanya mau bilang maaf jika seseorang sedih karena saya menggunakan kata 'pora'. Itu bukan rasis, hanya kiasan...pelukan hangat."

Namun pihak klub merasa wajib mengeluarkan pernyataan minta maaf secara resmi. Chelsea pun menyampaikan pernyataan yang panjang ini di laman resminya, yang juga diterjemahkan dalam Bahasa Mandarin.

© chelseafc.com
Ungkapan permintaan maaf Chelsea. Copyright: chelseafc.comUngkapan permintaan maaf Chelsea.

"Pada 22 Juli, Chelsea FC merasakan kehangatan dan keramahan dari para fans China di National Stadium. Bagaimanapun, kami terkejut dan kecewa saat satu hari sebelum laga, salah satu pemain kami, Kenedy, mengunggah pesan di akun media sosialnya yang menimbulkan rasa tersinggung dan terluka terhadap rakyat China."

"Sayangnya, meski dengan cepat dia menghapus pesan dan meminta maaf, dan klub juga meminta maaf melalui akun media sosial China kami, efeknya sudah terlanjur terjadi. Chelsea FC sekali lagi dengan sungguh-sungguh dan dengan tulus meminta maaf," bunyi petikan pernyataan tersebut.

Pihak klub juga menyatakan bahwa Kenedy telah mendapat teguran keras. Chelsea lantas menyebut bahwa kerja sama dengan China merupakan momen pertukaran budaya yang luar biasa dan akan menggunakan insiden ini sebagai pelajaran dalam kerja sama di masa depan.

1.2K