Liga 1

Ungguli Persib dan PSM, Fans Persija Paling 'Loyal'

Selasa, 25 Juli 2017 14:52 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
 Copyright:

Loyalitas suporter bisa diukur dari banyak sisi, salah satunya adalah soal banyaknya penonton yang hadir di stadion tiap pertandingan. Separuh musim komeptisi Gojek Traveloka Liga 1 Indonesia tahun 2017 sudah berlalu, dan hasilnya cukup mengejutkan. Sebanyak 1,2 juta pasang mata menghiasi tribun dari bulan April hingga akhir Juli ini, di mana Persija Jakarta unggul soal animo penonton.

Laman resmi Liga Indonesia (liga-indonesia.id) merilis serapan klub dalam jumlah penonton terbanyak. Jumlahnya sungguh luar biasa, 1.213.805 penonton hadir di stadion terhitung dari bulan April hingga Juli (hingga laga Madura United vs Persipura Jayapura).

Di bulan pertama, yakni April, total penonton di Stadion mencapai 252.056. Angka tersebut bertambah menjadi 371.782 orang di bulan berikutnya, naik nyaris 130 ribu penonton.

Baca juga:

© Grafis:Yanto/Indosport/liga-indonesia
Serapan Klub dalam Jumlah Penonton Terbanyak. Copyright: Grafis:Yanto/Indosport/liga-indonesiaSerapan klub dalam jumlah penonton terbanyak.

Hingga 21 Juli 2017, laga paling menyedot animo penonton di stadion adalah partai pembuka antara Arema FC vs Persib Bandung (34.150). Namun ternyata Persija Jakarta paling 'megang' soal total penonton di stadion.

Tiap kali Macan Kemayoran melangsungkan pertandingan kandang, ada lebih dari 20 ribu pasang mata menyesaki Stadion Candrabhaga, Kota Bekasi. Bahkan ketika laga 'tanpa penonton' (melawan Sriwijaya FC di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi), ada 1200 orang yang menyaksikan langsung.

Dari delapan partai kandang, Persija berhasil menyedot 181.818 penonton. Angka ini sangat luar biasa banyak jika dibandingkan dengan tiga tim lain yang juga melahirkan animo penonton paling sesak, yakni Persib Bandung dan PSM Makassar.

© Grafis:Yanto/Indosport/liga-indonesia
Statistik Jumlah Penonton Go-Jek Traveloka Liga 1 2017. Copyright: Grafis:Yanto/Indosport/liga-indonesiaStatistik jumlah penonton Gojek Traveloka Liga 1 2017.

Sebagai perbandingan, tujuh laga kandang Persib 'hanya' dihadiri 148.590 penonton. Sementara PSM lebih sedikit lagi, yaitu 92.555.

Di sisi lain, tak jarang ada pertandingan Liga 1 yang sepi penonton. PS TNI melawan Bali United menjadi yang paling krik-krik dengan 264 penonton saja.

Catatan ini sedikit banyak menunjukkan jika Jakmania masih yang paling loyal kepada klub kebanggannya, Persija Jakarta. Naik turun performa Macan Kemayoran sejauh ini belum berpengaruh terhadap totalitas dan loyalitas kelompok suporter yang identik dengan warna oranye tersebut.

3.4K