Liga 1

Soal Pelepasan Pemain, Arema FC Prioritaskan Opsi Peminjaman

Selasa, 25 Juli 2017 00:40 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Tengku Sufiyanto
© Taufik Hidayat/INDOSPORT
Arema FC saat kalah 0-2 dari Semen Padang. Copyright: © Taufik Hidayat/INDOSPORT
Arema FC saat kalah 0-2 dari Semen Padang.

Jelang memasuki bursa transfer putaran kedua kompetisi Gojek Traveloka Liga 1, beberapa tim sudah mulai menyiapkan strateginya untuk membenahi kekuatan. Ada yang sekedar menambah pemain, melepas pemain, maupun mengambil opsi keduanya.

Arema FC tampaknya menjadi salah satu tim yang mengambil opsi terakhir. Performa tim yang jeblok, membuat manajemen tim Singo Edan mesti merombak sedikit soal komposisi materi pemain di putaran kedua Liga 1 nanti.

Seperti halnya tim lain, Arema pun mematok pertimbangan melepas pemain, utamanya dalam hal jam terbang. Beberapa pemain sebenarnya punya kapasitas dan level permainan yang bagus, namun minim mendapat kesempatan bermain.

Baca Juga:

Dalam hal pelepasan pemain, tim Singo Edan lebih memprioritaskan opsi loan transfer. Di mana pihak klub pemilik sang pemain masih memiliki opsi terbesar kembali memilikinya lagi setelah masa peminjamannya selesai di klub baru.

"Karena dengan sistem loan, pemain jadi sangat dilindungi (terkait kontrak dan kejelasan gajinya)," General Manager Arema, Ruddy Widodo menuturkan.

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Ahmad Bustomi saat jalani latihan. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTAhmad Bustomi saat jalani latihan.

Secara sistem, opsi meminjamkan pemain memang lebih menguntungkan bagi klub pemilik si pemain, ketimbang melepasnya secara permanen. Dalam opsi loan, Arema bisa memasukkan klausul soal kewajiban klub peminjam untuk menurunkan si pemain secara reguler, sesuai kesepakatan yang terjalin.

Arema masih punya opsi besar menggunakan jasa si pemain saat mengalami progres yang bagus di klub barunya. Strategi sudah dibuktikan melalui Ahmad Bustomi, yang saat ini kembali menjadi andalan di sektor tengah setelah menjalani peminjaman di Madura United FC.

"Sepanjang pengalaman kami, pemain yang dipinjamkan justru mendapatkan (peran dan kesempatan bermain) lebih banyak di klub barunya," kata Ruddy.

426