Liga 2

Mengejutkan, Pro Duta FC Mundur dari Liga 2 Jelang Laga Melawan PSMS Medan

Rabu, 26 Juli 2017 09:37 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Kesuma/INDOSPORT
Skuat Pro Duta FC. Copyright: © Kesuma/INDOSPORT
Skuat Pro Duta FC.

Keputusan mengejutkan disampaikan pihak Pro Duta FC. Tidak hanya membatalkan pertandingan melawan PSMS Medan, melalui surat resmi yang disampaikan kepada pengurus PSMS dan PSSI, pengurus Pro Duta menegaskan jika mereka mundur dari keikutsertaannya di Liga 2 Indonesia 2017.

Hal itu Berdasarkan surat keputusan dari pengurus Pro Duta FC yang dilayangkan kepada Direktur Utama dan CEO PT LIB Nomor: 088/ PDFC-MGT/VII/2017, tertanggal 24 Juli 2017, terkait perihal tidak lagi mengikuti kompetisi tahun 2017.

© Kesuma/INDOSPORT
Surat Pembatalan Pertandingan Pro Duta FC vs PSMS Medan. Copyright: Kesuma/INDOSPORTSurat Pembatalan Pertandingan Pro Duta FC vs PSMS Medan.

Di balik pembatalan pertandingan tersebut, Ketua Harian PSMS Kisharianto Pasaribu mengaku kecewa. Pasalnya pengunduran tersebut berdampak akan kerugian finansial yang dialami PSMS, dimana kedua kesebelasan dijadwalkan bertanding di Stadion Cendrawasih, Jakarta, Minggu (30/7/2017) mendatang.

Baca juga:

"Pastilah. Karena kita telah membooking tiket pesawat dan penginapan," ujar Kisharianto saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (25/7/2017).

Dirinya juga menyayangkan sikap Pro Duta yang memilih mundur saat kompetisi telah berjalan lebih dari setengah. Menurutnya, keputusan itu akan merugikan para pemain yang menghuni skuad Kuda Pegasus, julukan lain dari Pro Duta.

© Kesuma/INDOSPORT
Surat Pengunduran Diri Pro Duta FC dari Liga 2. Copyright: Kesuma/INDOSPORTSurat Pengunduran Diri Pro Duta FC dari Liga 2.
© Kesuma/INDOSPORT
Surat Pengunduran Diri Pro Duta FC dari Liga 2. Copyright: Kesuma/INDOSPORTSurat Pengunduran Diri Pro Duta FC dari Liga 2.
© Kesuma/INDOSPORT
Surat Pengunduran Diri Pro Duta FC dari Liga 2. Copyright: Kesuma/INDOSPORTSurat Pengunduran Diri Pro Duta FC dari Liga 2.

"Dampaknya kan pasti kepada para pemain. Mereka harus terhenti bermain padahal kompetisi masih berjalan. Mau pindah ke klub lain juga gak mungkin," ujar Kisharianto.

Kendati begitu, Kisharianto mengaku tetap menunggu putusan akhir dari PSSI terkait sah atau tidaknya tim Pro Duta berhenti melanjutkan kompetisi termasuk pembatalan laga tersebut.

“Sampai sekarang kan PSSI belum juga memutuskan nasib tim Persih Tembilahan yang sempat mogok tanding di dua laga termasuk saat laga kontra PSMS. Padahal, dari awal PSSI sudah verifikasi kesiapan tim mengikuti kompetisi tahun ini. Saya rasa memang klubnya yang kurang siap. Kalau bisa ke depan dicari formula yang benar-benar, seperti adanya jaminan dari setiap tim yang ikut,” ucap Kisharianto.

Hal senada juga disampaikan Pelatih PSMS, Mahruzar Nasution. Dirinya mengaku tetap menunggu putusan resmi dari PSSI, terkait batalnya laga kedua tim.

"Kita sudah dapat kabar, tapi kan belum ada keputusan resmi dari PSSI. Intinya kita masih menantikan putusan," ujarnya.

Di sisi lain, manajer Pro Duta FC, Handoyo Subito belum bisa memberikan keterangan terkait surat pengunduran tersebut.

Dirinya mengaku pihaknya akan segera  memberikan keterangan secara resmi. "Besok, (Rabu, 26/07/17) seluruh pengurus dan manajemen akan melakukan konprensi pers di Jakarta. Kami belum bisa memberikan keterangan apa yang akan disampaikan besok." ungkapnya.

562