Rebutan Hak Siar, Timnas Futsal Bisa Batal (Lagi) ke SEA Games

Rabu, 26 Juli 2017 22:18 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Hendra Mujiraharja
 Copyright:

Nasib Tim Nasional (Timnas) Futsal putra Indonesia nyatanya belum menemui kejelasan. Meski dikabarkan akan tetap ke SEA Games 2017 dengan bantuan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Timnas Futsal belum juga dikumpulkan. Kabar terbaru justru menyatakan tim asuhan Vic Hermans mungkin saja kembali batal ke SEA Games.

Hal itu diungkapkan oleh Semenpora, Gatot S. Dewa Broto usai melakukan pertemuan dengan PSSI di kantor Kemenpora pada Rabu (26/07/17). Gatot menjelaskan kalau sumber permasalahan itu berasal dari rebutan hak siar antara dua media raksasa media Tanah Air.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Futsal Indonesia mendapat arahan usai laga uji coba melawan Antam FC. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSkuat Timnas Futsal Indonesia mendapat arahan usai laga uji coba melawan Antam FC.

Wakil Ketua Umum PSSI, Djoko Driyono mengindikasikan Timnas futsal putra Indonesia kemungkinan (kembali) mundur di SEA Games Kuala Lumpur. Pria yang akrab disapa Jokdri itu mengungkapkan komunikasi PSSI dan FFI menemui jalan buntu. Federasi Futsal Indonesia (FFI) bersikukuh tak setuju kalau Timnas Futsal putra tampil di SEA Games, meskipun PSSI atau pemerintah siap membiayai semua kebutuhan tim.

"Pak Djoko menyampaikan, PSSI akan mengambil alih Timnas futsal dan siap memberangkatkan sendiri," ujar Gatot di KantorKemenpora, Rabu (26/07/17).

Baca Juga

"Namun, tadi PSSI menyampaikan masalah teknisnya. FFI baru mengizinkan Timnas Futsal putra tampil di SEA Games jika hak siar pertandingannya di MNC Group," sambungnya.

Meski demikian, Sesmenpora menerangkan kalau PSSI akan terus melakukan komunikasi dengan FFI untuk memastikan Timnas Futsal Putra tetap ke SEA Games. Akan tetapi, semua keputusan final tetap berada di tangan FFI.

© Internet
Caption Copyright: InternetTimnas Futsal Indonesia.

"Tapi ini baru kemungkinan yah, PSSI sementara ini akan mengusahakan untuk menyelesaikan masalah internal di futsal," tutur Gatot S. Dewa Broto.

Perebutan hal siar ini ditenggarai berasal dari persaingan bisnis MNC Grup yang notabene dimiliki oleh ketua umum FFI, Hary Tanoesoedibjo dengan Emtek Group selaku pemilik hak siar seluruh pertandingan SEA Games 2017.

Jika saja Timnas Futsal Indonesia kembali mundur, maka ini akan menjadi yang kedua kalinya. Pasalnya, pada pekan lalu FFI sudah menyatakan mundur dari SEA Games. Pada akhirnya, PSSI menegaskan harus tetap berangkat dan mengambil alih kepengurusan Timnas Futsal.

401