Aneh! Transfer Pemain Ghana Ini Dibayar dengan Minyak Zaitun

Selasa, 1 Agustus 2017 22:40 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© ghanasoccernet
Mohammed Sumaila. Copyright: © ghanasoccernet
Mohammed Sumaila.

Dalam proses transfer pemain sepakbola, salah satu yang menjadi sorotan adalah nilai transfer yang dikeluarkan demi mendatangkan sang pemain baru. Seperti misalnya Manchester United yang memegang rekor transfer termahal dengan Paul Pogba yang bernilai 89 juta pounds (sekitar Rp1,5 triliun). Atau yang terbaru, Nemanja Matic yang dibayar dengan mahar 40 juta poundsterling atau lebih dari Rp702 miliar.

Namun seorang pemain asal Ghana, menjadi sorotan bukan karena "berapa" nilai transfernya, tetapi "apa" yang menjadi alat bayar dalam prosesnya. Mohammed Sumaila, bergabung dengan klub asal Turki, Yorukalispor, dengan bayaran 10 liter minyak zaitun.

Klub kampung tersebut berada di Kota Bursa dan mayoritas dihuni para petani. Klub yang tidak mempunyai uang, akhirnya memaksa untuk membayar dengan hasil produk lokal, yakni minyak zaitun organik. Padahal, Sumaila sendiri tak meminta bayaran apa pun.

© onlinesportsclub
Mohammed Sumaila. Copyright: onlinesportsclubMohammed Sumaila.

Sumaila diajak untuk bermain di turnamen yang berlangsung selama sebulan ini oleh salah satu mantan rekannya di Izmir Gaziemirspor bernama Tayfun Albayrak.

"Saya berusia 25 tahun dan telah bermain sepakbola amatir di Turki selama hampir lima tahun. Saya sudah bermain untuk tim di Torbali, Tire, Soma, dan Gaziemir. Saya bergabung dengan Kutahya di musim depan, tapi sebelum itu saya diminta Yorukalispor untuk bermain di turnamen ini. Saya akan bermain di tim desa untuk pertama kalinya," tutur Sumaila, seperti dikutip Ghana Soccer Net.

"Saya datang ke tim desa ini setelah diundang mantan rekan saya. Saya tak akan dibayar untuk bermain, tapi penduduk desa bilang mereka akan memberi saya produk lokal, minyak zaitun organik. Saya dengan senang menerima tawaran ini. Mimpi saya bermain di kasta pertama kompetisi Turki," lanjutnya.

435