Mulut Kasar Bintang Man United Berujung Sanksi Puluhan Juta

Selasa, 1 Agustus 2017 14:20 WIB
Penulis: Nindhitya Nurmalitasari | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Phil Jones merayakan kemenangan Manchester United bersama Marcos Rojo. Copyright: © Getty Images
Phil Jones merayakan kemenangan Manchester United bersama Marcos Rojo.

Manchester United baru saja sukses mendatangkan rekrutan ketiganya, Nemanja Matic, yang resmi diambil alih dari Chelsea pada Senin (31/07/17) kemarin.

Namun di tengah euforia kedatangan sang pemain, Setan Merah ternyata juga harus menghadapi sebuah kabar buruk. Pasalnya, Man United baru saja dijatuhi sanksi denda sebesar 8.900 poundsterling oleh otoritas sepakbola Uni Eropa atau UEFA.

Tak hanya itu, dua pemain MU yakni Phil Jones dan Daley Blind juga mendapat sanksi serupa. Dilansir dari BBC, sanksi tersebut dijatuhkan lantaran Phil Jones didakwa menghina dan mengeluarkan kata-kata kasar kepada petugas antidoping selepas pertandingan final Liga Europa melawan Ajax Amsterdam Mei lalu.

© INDOSPORT/Getty Images
Manchester United untuk pertama kalinya sepanjang sejarah berdiri klub meraih gelar Liga Europa. Copyright: INDOSPORT/Getty ImagesManchester United untuk pertama kalinya sepanjang sejarah berdiri klub meraih gelar Liga Europa.

Jones pun diberi sanksi berupa larangan bermain di dua laga. Praktis ia akan absen pada UEFA Super Cup melawan Real Madrid 8 Agustus nanti. Pemain 25 tahun ini juga tidak akan bisa menunjukkan performanya pada pertandingan pertama di fase grup Liga Champions. Ia juga harus membayar denda sebesar 4.450 poundsterling (Rp79 juta).

© Stu Forster/Getty Images
Pemain belakang Manchester United, Phil Jones berteriak kepada rekan setimnya. Copyright: Stu Forster/Getty ImagesPemain belakang Manchester United, Phil Jones berteriak kepada rekan setimnya.

Sementara itu, Daley Blind diharuskan membayar denda dengan nominal yang sama dengan Jones. Meskipun begitu, bek 27 tahun tersebut tidak diberi suspensi 2 laga layaknya Jones.

© Matthew Peters/Man Utd via Getty Images
Daley Blind. Copyright: Matthew Peters/Man Utd via Getty ImagesDaley Blind juga didenda oleh UEFA.

Insiden yang berujung sanksi ini sendiri dilaporkan terjadi pasca final Liga Europa pada 24 Mei 2017 lalu. Kala itu, Phil Jones merasa kesal ketika petugas antidoping tak memperkenankannya mengikuti sesi foto bersama di ruang ganti pemain yang hendak dijadikan tribut untuk korban bom Manchester. Ia pun lantas memaki petugas tersebut.

Meskipun begitu, menurut BBC, pihak-pihak yang disanksi masih dimungkinkan mengajukan banding terkait keputusan tersebut.

2.3K