Liga 1

Tak Lolos Verifikasi, Jebolan Blackburn Rovers Batal Gabung Arema

Rabu, 2 Agustus 2017 02:44 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ian Setiawan/Indosport.com
Brent Griffiths, mantan pemain akademi Blackburn Rovers yang diincar Arema FC. Copyright: © Ian Setiawan/Indosport.com
Brent Griffiths, mantan pemain akademi Blackburn Rovers yang diincar Arema FC.

Kabar kurang menyenangkan datang dari salah satu klub kebanggaan masyarakat Kota Malang, Arema FC dalam bursa transfer jelang bergulirnya putaran kedua Gojek Traveloka Liga 1 yang akan segera ditutup pertengahan Agustus 2017 mendatang

Sebelumnya, klub berlogo singa tersebut digadang-gadang siap mendatangkan bek tengah asal Australia yang pernah menjajal akademi Blackburn Rovers, Brent Griffiths. Kehadiran Brent sendiri dapat mengisi slot pemain asing asal Asia di kubu Arema.

Brent sendiri sudah mulai ikut berlatih bersama Arema sejak Kamis (27/07/17) lalu, serta menjalani serangkaian tes medis, yang mengindikasikan bahwa Brent hanya tinggal selangkah lagi memperkuat Singo Edan.

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Calon bek tengah Arema FC, Brent Griffiths. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTBrent Griffiths tidak lolos verifikasi regulasi Liga 1.

Namun, proses transfer Brent langsung buyar setelah yang bersangkutan ternyata dinyatakan tidak lolos verifikasi. Hal itu sendiri disampaikan langsung oleh General Manager Arema, Ruddy Widodo.

"Ya, dia tidak lolos verifikasi. Kami tetap akan mencari pemain Asia, tapi sepertinya tidak dari Australia lagi," imbuh Ruddy kepada awak media.

Disebutkan Brent tidak memenuhi kriteria regulasi Liga 1 seperti yang tercantum di pasal 36 ayat 2 yang berbunyi, 'Pemain asing yang pada musim sebelumnya bermain di luar Indonesia wajib memenuhi kriteria strata Liga 1 dari klub asal, dengan kualifikasi (poin b); minimal strata II untuk AFC (Korea Selatan, Arab Saudi, Iran, Jepang, dan Uzbekistan)'.

© Internet
Ruddy Widodo Copyright: InternetGeneral Manager Arema, Ruddy Widodo.

Artinya, selain lima negara Asia di atas, berarti wajib bermain di kasta tertinggi. Sementara Brent di awal tahun ini bermain untuk Bayswater City, klub Divisi Dua di Wilayah Barat Liga Australia.

Tak hanya itu, Brent yang saat ini berusia 27 tahun itu juga terganjal pada ayat ke-4. Di mana, pemain yang menggunakan paspor di luar lima negara Asia yang disebutkan di atas, harus aktif di Tim Nasional selama 2 tahun, dengan catatan caps minimal 25 persen.

Brent sendiri tidak pernah sekali pun menjadi anggota tim nasional Australia sejak junior sampai level senior, sehingga verifikasi pun menjadi tak valid.

Tidak ingin larut dalam kekecewaan karena gagal mendatangkan Brent, Arema pun mengaku sudah menyiapkan nama-nama baru yang akan didatangkan jelang putaran kedua Liga 1.

"Ada beberapa pemain yang semakin dekat dengan kami. Beberapa pemain lokal dan pemain asing," tutup Ruddy.

Sedikit informasi, di putaran pertama Liga 1, Arema berada di peringkat tujuh klasemen sementara dengan koleksi 26 poin dari 17 laga.

313