Ketika Neymar Ditawar Seharga Rp211 Miliar oleh Klub Liga Inggris

Kamis, 3 Agustus 2017 14:55 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Selebrasi Neymar pasca mencetak gol ke gawang David De Gea. Copyright: © INDOSPORT
Selebrasi Neymar pasca mencetak gol ke gawang David De Gea.

Bintang Timnas Brasil, Neymar Jr, dalam waktu dekat ini sepertinya akan menjadi pemain termahal di dunia. Hal tersebut tak lepas dari keinginan Paris Saint-Germain, klub kaya rasa asal Prancis, yang ingin mengaktifkan nilai klausul kontraknya.

Seperti yang kita ketahui, Neymar memiliki nilai klausul kontrak di Barcelona mencapai 222 juta euro, atau sekitar Rp3,4 triliun. Harga yang sangat ‘gila’ bahkan untuk pemain sekaliber Neymar sekalipun.

Tingginya harga klausul Neymar di Barcelona tak lepas dari peran serta sang pemain bersama La Blaugrana. Pemain berusia 25 tahun ini menjadi salah satu bagian menakutkan dalam trisula maut MSN (Messi, Suarez, Neymar).

© David Ramos/Getty Images
Trio MSN miliki rekor lebih baik ketimbang BBC. Copyright: David Ramos/Getty ImagesNeymar menjadi bagian trisula maut MSN milik Barcelona.

Didatangkan sejak bulan Juli 2013 lalu, dirinya telah mempersembahkan berbagai macam trofi kepada Barcelona. Terhitung, tiga Copa del Rey, dua gelar La Liga, dan masing-masing satu Supercopa de Espana dan Liga Champions telah ia berikan.

Namun, siapa sangka Neymar pernah mendapatkan tawaran dari salah satu klub Liga Primer Inggris dengan harga 12 juta poundsterling, atau sekitar Rp211 miliar saja. Adalah West Ham United, klub asal London Utara yang pernah melakukan hal tersebut seperti dilansir dari Mirror.

© INDOSPORT
Avram Grant ketika masih melatih West Ham United. Copyright: INDOSPORTAvram Grant ketika masih melatih West Ham United.

Kejadian tersebut terjadi di tahun 2010, kala The Hammers masih ditangani oleh pelatih asal Israel, Avram Grant. Neymar yang kala itu masih berusia 18 tahun, menjadi pusat perhatian Grant ketika melihat secara langsung penampilan impresifnya bersama Santos.

Santos yang merasa aset mudanya menjadi perhatian peserta Liga Primer Inggris, pun langsung menolak penawaran 12 juta poundsterling yang diberikan oleh manajemen The Hammers. Santos berkelit, mengatakan bahwa Neymar memiliki nilai klausul kontrak seharga 28,4 juta poundsterling (Rp500,9 miliar).

© INDOSPORT
Neymar ketika masih membela Santos. Copyright: INDOSPORTNeymar ketika masih membela Santos.

Harga tersebut pun ditolak mentah-mentah oleh manajemen West Ham, yang menganggap bahwa terlalu mahal untuk pemain berusia 18 tahun. Beruntung, penolakan tersebut berbuah manis 3 tahun kemudian, yang mana Barcelona memberikan 75 juta poundsterling untuk membawa Neymar ke Camp Nou.

1