Resmi Gabung PSG, Neymar Sampaikan Salam Perpisahan Mengharukan untuk Barcelona

Jumat, 4 Agustus 2017 05:56 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Paris Saint-Germain.
Neymar resmi menjadi pemain baru Paris Saint-Germain. Copyright: © Paris Saint-Germain.
Neymar resmi menjadi pemain baru Paris Saint-Germain.

Pesepakbola asal Brasil, Neymar akhirnya resmi bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG). Untuk mendapatkan Neymar, Les Parisiens dilaporkan telah membayar full dana klausul pemain asal Brasil itu senilai 222 juta euro (sekitar Rp3,4 triliun). Neymar akan berada di PSG selama lima tahun ke depan. 

Menjelang langkah kepindahannya ke PSG, Neymar sempat mengucapkan salam perpisahan kepada Barcelona, khususnya untuk mantan rekan setimnya, Lionel Messi dan Luis Suarez.  Ucapan selamat tinggal itu disampaikannya melalui pesan yang diunggah melalui akun Instagram miliknya.

 

La vida de un deportista se mueve por desafíos. Algunos son impuestos, otros son fruto de nuestras decisiones. El Barcelona ha sido más que un desafío. Jugaba con aquellos cracks en el video juego. Llegué a Catalunya a los 21 años, lleno de desafíos. Recuerdo mis primeros días en el Club, compartiendo el vestuario con ídolos como Messi, Valdés, Xavi, Iniesta, Puyol, Piqué, Busquets y otros con la expectativa de jugar en un Club que es “més que un club”. El @fcbarcelona es una nación que representa a Catalunya! Tuve el honor de actuar con el mayor atleta que he visto en mi vida y estoy seguro que no veré a otro mejor, @leomessi se convirtió en mi compañero, amigo dentro y fuera del terreno de juego. Orgulloso de jugar contigo. Formé un ataque con @leomessi y @luissuarez9 que ha quedado para la historia. He conquistado todo lo que un deportista puede conquistar. He vivido momentos inolvidables! Vivo en una ciudad que es más que una ciudad, es una patria. Amo Barcelona y Catalunya. Pero un deportista (YO) necesita desafíos. Y por segunda vez en mi vida le llevaré la contraria a mi papa. Papa, entiendo y respeto tu opinión, pero mi decisión está tomada, te pido que me apoyes como siempre lo has hecho. El @fcbarcelona y Catalunya estarán siempre en mi corazón pero necesito nuevos desafíos. He aceptado la propuesta del @psg para buscar nuevas conquistas y ayudar al Club a alcanzar los títulos que la afición espera. Me han presentado un plan de carrera osado y me veo preparado para este desafío. Agradezco el cariño de la afición blaugrana y todo lo que he aprendido con los deportistas con quien he compartido vestuario. Asimismo siento en mi corazón que ha llegado el momento de irme. El @psg será mi nueva casa durante los próximos años y trabajaré para hacer honor a la confianza que depositan en mi futbol. Cuento mucho con el apoyo de todos. Aficionados, de mis amigos, de los profesionales que me acompañan y de mi familia, que ha sufrido mucho con problemas que han ocurrido en este periodo de mi carrera y merecen paz. Es una decisión difícil, pero tomada con la madurez de mis 25 años. @fcbarcelona , gràcies per tot! @psg , J'arrive! Que Dios nos bendiga y nos proteja!

A post shared by Nj 🇧🇷 👻 neymarjr (@neymarjr) on

"Kehidupan seorang pesepakbola adalah mencari tantangan. Barcelona telah menjadi lebih dari sekadar tantangan. Saya tiba di Catalunya pada umur 21 tahun dengan penuh tantangan. Saya ingat hari pertama saya di klub, berbagi jersey dengan pemain hebat seperti Messi, Valdes, Xavi, Puyol, Busquets, dan lain-lain dengan harapan bisa bermain dengan klub  yang sudah saya anggap lebih dari klub."

"Lionel Messi menjadi partner saya, teman di dalam maupun di luar lapangan, saya senang bisa bermain dengan Anda. Saya membentuk sebuah serangan bersama Messi dan Suarez yang tersisa untuk sejarah. Saya telah mengalahkan segala sesuatu yang bisa dikalahkan." 

"Aku cinta Barcelona dan Catalunya. Tetapi sebagai seorang pesepakbola saya membutuhkan tantangan. Dan untuk kedua kalinya, saya bertentangan dengan ayahku. Ayah, saya mengerti dan menghormati pendapatmu, tapi aku sudah mengambil keputusan, aku memintamu untuk terus mendukung seperti yang biasa ayah lakukan."

"Barcelona dan Catalunya akan selalu berada di hati saya namun saya butuh tantangan baru. Saya telah menerima proposal dari PSG untuk mencari tantangan baru dan membantu mereka meraih gelar yang belum mereka dapatkan. Saya punya rencana karier yang berani dan siap untuk tantangan ini."

"Saya menghargai kasih sayang dari fans Blaugrana dan semua yang saya pelajari dari rekan-rekan setim saya. Saya juga merasa dalam hati saya bahwa sudah waktunya untuk pergi. PSG akan menjadi rumah baru saya selama beberapa tahun ke depan dan saya akan bekerja untuk mendapatkan kepercayaan mereka di sepakbola. Saya telah banyak bercerita tentang dukungan semua orang." 

"Fans, teman, profesional yang menemani saya dan keluarga saya, yang telah mengalami banyak masalahselama  periode karier saya. Ini keputusan yang sulit, tapi keputusan tersebut diambil secara dewasa. Terima kasih untuk semuanya, FC Barcelona. PSG, aku datang!. Semoga Tuhan memberkati kita dan melindungi kita," tulis Neymar melalui akun Instagramnya.

© David Ramos/Getty Images
Trio MSN miliki rekor lebih baik ketimbang BBC. Copyright: David Ramos/Getty ImagesNeymar (tengah) sampaikan perpisahan mengharukan untuk Messi, Suarez, dan Barcelona.

Dengan demikian Neymar akan menjadi pemain termahal di dunia mengalahkan Paul Pogba yang dibeli Manchester United dari Juventus musim panas lalu. PSG membeli Neymar seharga Rp3,4 triliun. 

Di PSG, Neymar akan mengenakan nomor punggung 10. Mantan pemain Barcelona itu berpeluang melakoni debutnya pada laga pembuka Liga Prancis melawan klub promosi, Amiens, Sabtu (05/08/17) besok. 
 
 

5.3K