Santos 'Kecipratan' Rekor Transfer Neymar ke PSG

Sabtu, 5 Agustus 2017 16:04 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
Neymar, penyerang baru PSG. Copyright: © Getty Images
Neymar, penyerang baru PSG.

Mantan klub Neymar, Santos FC, dikabarkan menerima ‘cipratan’ rekor transfer dirinya ke Paris Saint-Germain. Seperti yang kita ketahui, Neymar menjadi pemain termahal di dunia saat dirinya diborong oleh Les Parisiens dengan harga 222 juta euro (Rp3,4 triliun) dari Barcelona.

Hal tersebut diketahui melalui sang agen, Wagner Ribeiro, yang mengabarkan klub masa kecil Neymar tersebut mendapatkan setidaknya 9 juta euro, atau sekitar Rp141 miliar dari PSG.

“Menurut laporan dari agen Wagner Ribeiro, Santos FC akan mendapatkan 9 juta euro dari proses transfer Neymar ke PSG,” tulis jurnalis BBC, Fernando Duarte.

Dilansir dari Sports Illustrated, 9 juta euro yang diterima Santos tak lepas dari perjanjian kontrak sebelumnya. Kala itu di tahun 2013, Barcelona menyetujui Santos akan menerima 9 juta euro bila sang pemain dijual oleh kubu La Blaugrana.

© INDOSPORT
Neymar ketika masih membela Santos. Copyright: INDOSPORTNeymar ketika masih membela Santos.

Jelas, 9 juta euro yang diterima Santos sangatlah kecil dibandingkan jumlah uang yang dikeluarkan oleh PSG untuk mengaktifkan nilai klausul Neymar. Namun, 9 juta euro diyakini akan sangat berharga untuk pengembangan bibit muda Santos ke depannya.

Neymar memulai karier profesionalnya di Santos pada awal Januari 2009. Selama empat setengah musim di klub asal Brasil tersebut, dirinya total mencetak 70 gol dan 35 assists dari 134 penampilan yang telah dilakoni.

2.8K