Piala Super Jerman 2017

Borussia Dortmund 1-1 Bayern Munchen: Sengit di Babak Pertama

Minggu, 6 Agustus 2017 02:19 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Borussia Dortmund vs Bayern Munchen dalam laga Piala Super Jerman 2017. Copyright: © Getty Images
Borussia Dortmund vs Bayern Munchen dalam laga Piala Super Jerman 2017.

Babak Pertama

Layaknya pertandingan final pada umumnya, sejak awal-awal laga, baik Dortmund maupun Munchen tak menunggu waktu lama untuk menyajikan pertandingan yang sengit.

Pada menit-menit awal, fans kedua tim benar-benar dibuat tegang, karena melihat tim kesayangannya ini mampu saling melepaskan ancaman.

Hasilnya, Dortmund mampu unggul lebih dulu melalui gelandang muda berbakat mereka, Christian Pulisic. Pemain asal Amerika Serikat ini pada menit ke-11, setelah dirinya tidak mendapat penjagaan ketat dari lini pertahanan Munchen.

Meski tertinggal 0-1, bukan berarti Munchen langsung patah semangat. Sebaliknya, The Bavarian justru tampil lebih trengginas.

Hasilnya pun langsung terbukti, hanya berselang 5 menit usai gol dari Pulisic. Munchen berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1, setelah gol mantan penggawa Dortmund, Robert Lewandowski yang memanfaatkan umpan dari Joshua Kimmich tak mampu dibendung oleh kiper Dortmund, Roman Burki.

Gol dari Lewandowski seakan meruntuhkan sedikit mental dari Dortmund, sebab beberapa kali Munchen mampu melepaskan ancaman, melalui Franck Ribery, Arturo Vidal, dan Thomas Muller.

Ketiga pemain ini benar-benar membuat para pemain bertahan Dortmund, seperti Marc Bartra, Lukasz Piszczek, dan Burki bekerja keras.

© INDOSPORT
Gelandang serang Bayern Munchen, Franck Ribery (kiri) mendapat penjagaan dari gelandang serang Borussia Dormund, Mahmoud Dahoud. Copyright: INDOSPORTGelandang serang Bayern Munchen, Franck Ribery (kiri) mendapat penjagaan dari gelandang serang Borussia Dormund, Mahmoud Dahoud.

Tak ingin dipermalukan di hadapan pendukung mereka sendiri, Dortmund mencoba untuk bangkit. Beberapa kali Gonzalo Castro, Ousmane Dembele, dan Mahmoud Dahoud juga membuat lini pertahanan Munchen kewalahan.

Setelah melakukan balas-berbalas serangan dan tidak ada gol yang tercipta. Kedua tim harus puas dengan mengakhiri pertandingan dengan skor sama kuat 1-1 di babak pertama.

SUSUNAN PEMAIN

Borussia Dortmund (4-3-3)

Roman Burki; Lukasz Piszczek, Sokratis Papastahopoulos, Marc Bartra, Dan-Axel Zagadou; Mahmoud Dahoud, Nuri Sahin, Gonzalo Castro; Ousmane Dembele, Pierre-Emerick Aubameyang, Christian Pulisic

Cadangan: Roman Weidenfeller, Neven Subotic, Alexander Isak, Sebastian Rode, Maximilian Philipp, Felix Passlack, Omer Toprak

Pelatih: Peter Bosz

Bayern Munchen (4-3-3)

Sven Ulreich; Rafinha, Mats Hummels, Javier Martinez, Joshua Kimmich; Arturo Vidal, Sebastian Rudy, Corentin Tolisso; Franck Ribery, Robert Lewandowski, Thomas Muller

Cadangan: Niklas Sule, Kingsley Coman, Timothy Tillman, Marco Friedl, Renato Sanches, Christian Fruchtl, Milos Pantovic

Pelatih: Carlo Ancelotti

78