Harapan Unik Arsene Wenger untuk Liga Primer Inggris

Kamis, 10 Agustus 2017 18:19 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© getty images
Pelatih Arsenal, Arsene Wenger. Copyright: © getty images
Pelatih Arsenal, Arsene Wenger.

Manajer Arsenal, Arsene Wenger, memiliki harapan unik untuk Liga Primer Inggris. Pria asal Prancis itu berharap ada klub Liga Primer Inggris yang nantinya dilatih oleh seorang perempuan.

Pria asal Prancis itu menilai, bukan hal yang tidak mungkin bila suatu saat akan ada klub Liga Primer Inggris yang dilatih oleh seorang perempuan. Hal tersebut tak lepas dari analisis teknis sepkabola saat ini telah mengalami perkembangan sangat pesat.

Hal itu pun disampaikan langsung kepada Asosiasi Penulis Sepakbola (FWA) dalam sebuah event yang digelar di Kota London beberapa hari yang lalu. Pria berusia 67 tahun itu yakin dalam kurun waktu 10 hingga 15 tahun ke depan nantinya akan ada perempuan yang melatih di Liga Primer Inggris.

“Saya sendiri yakin bahwa akan ada manajer perempuan di Liga Primer Inggris,” ucapnya dikutip dari Sportskeeda.

© Indosport
Pelatih Arsenal, Arsene Wenger. Copyright: IndosportPelatih Arsenal, Arsene Wenger.

“Saya yakin hal itu akan terjadi dalam kurun waktu 10 hingga 15 tahun,” tambahnya.

“Anda perlu banyak ilmuwan di sekitar tim, mereka yang akan memimpin tim bermain di tiap akhir pekan. Nantinya, akan ada lebih banyak spesialis manajemen dibanding spesialis sepakbola,” tuturnya.

“Ini dikarenakan keputusan dalam sepakbola akan lebih banyak dibuat oleh analisis teknologi,” tutupnya.

© Indosport
Corinne Diacre, pelatih wanita pertama Timnas Prancis. Copyright: IndosportCorinne Diacre, pelatih perempuan yang melatih klub Ligue 2 Prancis.

Sekadar informasi, di Prancis sendiri terdapat Corinne Diacre, seorang pelatih kepala Ligue 2 Prancis, Clermont Foot. Pada tiga tahun yang lalu ia mencatatkan namanya sebagai perempuan kedua yang menangani klub profesional pria pada laga kompetitif di Prancis.