SEA Games 2017

Tim Pelatih Timnas U-22 Siapkan Skema Khusus Lawan Thailand

Jumat, 11 Agustus 2017 20:39 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Latihan terakhir Timnas U-22. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Latihan terakhir Timnas U-22.

Laga perdana Timnas Indonesia U-22 akan berlangsung 15 Agustus mendatang dengan melawan juara bertahan Thailand. Karenanya tim pelatih Skuat Garuda Muda sudah menyiapkan skema khusus untuk meredam agresivitas Timnas Thailand.

Pelatih kepala Timnas U-22, Luis Milla pun sudah mengajarkan ke anak asuhnya agar tidak mengulang kesalahan yang sama saat kalah 0-3 dari Malaysia pada kualifikasi Piala Asia U-23 Juni lalu. Saat itu Skuat Garuda Muda gampang sekali kecolongan melalui skema bola mati, sehingga Luis Milla cukup fokus pada hal tersebut.

© Herry Ibrahim/Indosport.com
Latihan Terakhir Timnas U-22 Copyright: Herry Ibrahim/Indosport.comLatihan Terakhir Timnas U-22

"Tadi latihan banyak set piece karena Luis Milla tidak mau kejadian kaya lawan Malaysia kemarin terulang, soalnya dua gol dari set piece. Tadi juga ada game supaya membiasakan pemain, dan pelatih sangat puas termasuk dengan Ezra yang baru latihan. Dia saya belum bisa pastikan, tapi kesempatannya untuk dibawa sangat besar," tutur asisten pelatih, Bima Sakti yang mewakili Luis Milla saat memberikan keterangan usai latihan sore tadi, Jumat (11/08/17) di Lapangan SPH, Karawaci, Tangerang.

Selain itu, tim pelatih Timnas U-22 juga akan memanfaatkan kecepatan para pemain untuk melakukan counter attack saat melawan Thailand nanti. Hal itu nampaknya akan menjadi senjata andalan untuk mengobrak-abrik lini belakang Thailand, karena Skuat Garuda Muda punya beberapa pemain dengan tipe 'perusak' seperti Saddil Ramdani, Febri Hariyadi, Yabes Roni, dan beberapa lainnya.

"Kita akan gunakan kecepatan pemain kita karena Thailand punya pemain bagus dalam bertahan dan menyerang serta organisasi juga sangat bagus. Oleh karenanya kita manfaatkan counter attack dengan cepat," ucap Bima Sakti.

© Herry Ibrahim/Indosport.com
Latihan Terakhir Timnas U-22 Copyright: Herry Ibrahim/Indosport.comLatihan Terakhir Timnas U-22

Semua pemain Timnas U-22 juga dikabarkan dalam kondisi baik-baik saja meski ada beberapa yang mengalami cedera ringan saat latihan. Namun hal itu bukan masalah karena sudah ditangani tim dokter. Sementara untuk Bagas Adi, tim pelatih juga sudah menyiapkan pemain pengganti.

"Kondisi semua pemain bagus, walau ada beberapa pemain cedera. Evan memang sedikit sakit di engkel tapi paksa karena latihan terakhir dan semua pemain siap dalam mental dan fisik," jelasnya.

"Untuk pengganti Bagas ada Ricky Fajrin yang kuat dengan kaki kiri dan ada Rezaldi Hehanusa juga, tapi kita coba Ricky dulu," tutup Bima Sakti.

Dari 25 pemain yang ada saat ini, pelatih Luis Milla akan mencoret empat pemain. Namun nama-nama itu baru akan diumumkan usai makan malam.

1.1K