Dicoret dari Timnas U-22, Bagas Adi 'Tak Akan' Kembali ke Arema

Sabtu, 12 Agustus 2017 14:38 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Bagas Adi Nugroho Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Bagas Adi Nugroho

Bek tengah Timnas Indonesia U-22, Bagas Adi tidak bisa ikut ke SEA Games 2017 lantaran belum pulih dari cedera lutut yang dialaminya. Akan tetapi, pemain 20 tahun itu tidak serta merta langsung pulang ke klubnya Arema FC. Ia masih harus tetap berada di Jakarta dan menjalani terapi hingga benar-benar sembuh.

"Bagas akan tetap berada di Jakarta dan diurus sama PSSI hingga benar-benar sembuh karena kita sudah kerja sama dengan rumah sakit terpercaya," jelas Deputi Sekjen PSSI, Fanny Riawan. 

© Petrus Manus DaYerimon/Indosport.com
Bagas Adi (Timnas U-22) Copyright: Petrus Manus DaYerimon/Indosport.comBagas Adi (Timnas U-22) sudah berlatih ringan.

Kondisi Bagas Adi sebenarnya sudah mulai membaik belakangan. Terbukti ia sudah bisa berjalan normal bahkan jogging dan bisa mengikuti latihan ringan bersama Timnas U-22 di Lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH) Karawci, Tangerang. Namun ia dikabarkan masih mengalami sedikit nyeri sehingga masih harus terus menjalani terapi pemulihan.

Cedera Bagas Adi tersebut dialami saat ia membela Timnas U-22 kala berhadapan dengan Thailand Juli lalu di ajang kualifikasi Piala Asia U-23. Ia kemudian bermasalah dengan lutut kirinya yang kemudian membuat mimpinya bermain di SEA Games garus terkubur.

© bola.com
Pemain Timnas Indonesia, Bagas Adi Nugroho Copyright: bola.comBagas Adi Nugroho terpaksa abesen dari SEA Games karena cedera lutut.

Berkaca dari kasus Bagas Adi, PSSI rencananya akan meresmikan kerja sama dengan pihak kesehatan/rumah sakit pada pekan depan, untuk menangani masalah cedera pemain saat membela Timnas. PSSI akan menanggung semua pemain dari Timnas Futsal (pria dan wanita, Sepakbola pria dan wanita dari usia junior hingga senior.

"Kita care kepada pemain yang cedera, makanya kita akan kerja sama dengan seluruh pemain dari U-15 sampai senior, Timnas wanita hingga futsal. Jadi setiap ada yang cedera akan dikirimkan ke rumah sakit terkait yang berkerja sama dengan PSSI. Teranyar, Nur Hardianto sudah dioperasi dan kemungkinan akan sembuh dalam dua bulan ke depan," tutur Deputi Sekjen PSSI, Fanny Riawan. 

© INTERNET/FAJAR KRISTANTO
Andik Vermansah usai menjalani operasi. Copyright: INTERNET/FAJAR KRISTANTOAndik Vermansah ketika menjalani operasi ditemani dengan Dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi.

Sebelum Bagas Adi, PSSI sejatinya juga sudah menanggung cedera pemain Timnas senior, Andik Vermansah saat mengalami cedera kala membela Skuat Garuda pada Piala AFF 2016 lalu. Kini Andik sudah sembuh total dan bermain untuk Selangor FA, bahkan mencetak gol perdana pekan lalu, setelah sekian lama absen.

118