Jelang Bentrok, Persija dan Persiba Kompak Soal Wasit Asing

  • Persija dan Persiba kompak soal penilaian terjahadap wasit asing.
  • Kedua tim berharap, wasit asing dapat menjadi contoh pengadil pertandingan lokal.
Sabtu, 12 Agustus 2017 12:09 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Instagram @rshekerbekov.
Wasit asing asal Kyrgistan, Rysbek Shekerbekov. Copyright: © Instagram @rshekerbekov.
Wasit asing asal Kyrgistan, Rysbek Shekerbekov.

Pertandingan pekan ke-19 Gojek Traveloka Liga 1 antara Persija Jakarta melawan Persiba Balikpapan akan dipimpin wasit asing. Tiga pengadil pertandingan asal Kyrgistan telah ditunjuk oleh operator kompetisi.

Kedua tim yang akan bertanding di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (12/08/17) itu sangat antusias menyambut wasit asing. Mereka berharap, pertandingan bakal berjalan menarik tanpa adanya intrik-intrik di atas lapangan.

Stefano Cugurra Teco Copyright: Persija JakartaStefano Cugurra Teco.

"Kita harus positif. Dia datang ingin memberikan yang terbaik. Kita tidak bisa berkomentar sebelum pertandingan," ucap pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco.

Hal senada dilontarkan oleh bek Macan Kemayoran, julukan Persija, Michael Orah. Katanya, ilmu serta pengetahuan wasit asing dapat dicuri oleh pengadil pertandingan lokal.

"Wasit asing bagus karena kita tahu kualitas mereka bagus. Mereka bisa membedakan. Lebih bagus jadi contoh wasit Indonesia," terang Orah.

Nada antusiasme yang tinggi pun dirasakan oleh Beruang Madu, julukan Persiba. Mereka menilai, wasit asing dapat membuat pertandingan berjalan nyaman.

"Ini hal bagus, hal baik. Sebetulnya ini pembelajatan buat wasit kita. Wasit kita sebenarnya mampu. Kalau ada asing, artinya ada yang kurang," jelas caretaker Persiba, Hariyadi.

"Masalah pengambilan keputusan, saya berpendapat, wasit kita harus belajar. Pemain kami jangan sampai protes keras pada pertandingan nanti. Kita patuhi keputusan wasit. Harapan kami, masyarakat bisa menikmati pertandingan nanti," tambahnya.

Tiga wasit asing tersebut ialah Rysbek Shekerbekov Eldiliar Salybaev dan Artem Skopintsev. Sebelumnya, mereka telah pernah memimpin pertandingan Liga 1 antara PSM Makassar versus Mitra Kukar pada pekan ke-18.