Tidak Diberi Penalti, Teco Soroti Kepemimpinan Wasit Asing

  • Stefano Cugurra Teco kurang puas dengan kepemimpinan wasit asing melawan Persiba.
  • Persija seharusnya mendapat hadiah tendangan penalti di babak pertama.
Sabtu, 12 Agustus 2017 21:13 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Rizky Pratama Putra
© Muhammad Adi Yaksa/Indosport.com
Reinaldo Elias dan Stefano Cugurra Teco usai laga Persija melawan Persiba. Copyright: © Muhammad Adi Yaksa/Indosport.com
Reinaldo Elias dan Stefano Cugurra Teco usai laga Persija melawan Persiba.

Persija Jakarta berhasil meraih poin sempurna kala berhadapan dengan Persiba Balikpapan pada lanjutan pekan ke-18 Gojek Traveloka Liga 1. Bermain di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu, (12/08/17) tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut menang dengan skor 2-0 di akhir laga.

Gol pertama Persija dicetak oleh pemain baru, Reinaldo Elias da Costa pada menit ke-45. Sedangkan torehan kedua, diciptakan oleh Bruno Lopes melalui titik penalti di menit ke-59.

Kedua tim bermain terbuka sejak awal pertandingan. Di pertengahan babak pertama, Macan Kemayoran bisa saja mendapatkan penalti setelah Bruno dijatuhkan pemain lawan di kotak terlarang.

Pergerakan Bruno Lopes dijatuhkan oleh pemain Persiba. Copyright: Herry Ibrahim/Indosport.comPergerakan Bruno Lopes dijatuhkan oleh pemain Persiba.

Namun wasit yang memimpin pertandingan, Rysbek Shekerbekov tidak menganggapnya sebagai sebuah pelanggaran. Laga tetap berjalan seperti biasanya meski bomber asal Brasil itu mengerang kesakitan.

“Wasit seharusnya memberikan penalti kala Bruno dijatuhkan di kotak terlarang. Saya tak pandang wasit asing atau lokal, yang penting dia bisa memimpin jalannya pertandingan dengan jujur dan adil. Seharusnya kita bisa dapat penalti,” ujar pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco dengan wajah gusar.

Di babak kedua, baru Rysbek menghadiahi Persija tendangan penalti. Aksi hadangan yang ditujukan kepada Reinaldo dianggapnya sebagai sebuah pelanggaran.

Bruno Lopes dijatuhkan oleh beberapa pemain Persiba Balikpapan. Copyright: Herry Ibrahim/Indosport.comBruno Lopes dijatuhkan oleh beberapa pemain Persiba Balikpapan.

Di lain pihak, caretaker Persiba, Hariyadi enggan mengomentari lebih jauh soal kepemimpinan wasit asing tersebut dan lebih memilih untuk bungkam.

“Tidak ada komentar soal wasit,” ujar Hariyadi singkat.

Rysbek merupakan pengadil pertandingan asal Kyrgyztan. Bersama dua kompatriotnya, Persija menjadi laga kedua yang dipimpinnya setelah partai PSM Makassar versus Mitra Kukar pada pekan lalu.