Liga Primer Inggris

Welbeck Selamatkan Muka Arsenal dari Leicester di Babak Pertama

Sabtu, 12 Agustus 2017 02:45 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Danny Welbeck melakukan duel udara dengan pemain Leicester City. Copyright: © Getty Images
Danny Welbeck melakukan duel udara dengan pemain Leicester City.

Laga belum berjalan tiga menit sejak peluit dibunyikan oleh wasit, publik Emirates Stadium sudah mampu dibuat bersorak kegirangan. Pasalnya, penyerang anyar Arsenal, Alexandre Lacazette sudah berhasil membubukan gol perdananya bagi The Gunners di Liga Primer Inggris dan kompetisi resmi.

Memanfaatkan umpan silang dari Mohamed Elneny, mantan penyerang Lyon tersebut dengan jeli menyundul bola ke sudut sempit yang tidak mampu dihalau dengan baik oleh Kasper Schmeichel. Skor 1-0 untuk keunggulan Arsenal.

Sayangnya, keunggulan Arsenal tersebut tidak bertahan lama. Pasalnya, Leicester City sukses menyamakan kedudukan tiga menit berselang dari gol Lacazette.

Adalah Shinji Okazaki yang sukses menyundul bola yang sebelumnya disundul oleh Harry Maguire. Dengan cermat pemain asal Jepang mengirim bola ke suduh jauh hingga membuat Petr Cech tak kuasa untuk menghalaunya. Skor menjadi imbang 1-1.

Meski berhasil menyamakan kedudukan, Leicester nyatanya dipaksa lebih banyak bermain di wilayahnya sendiri. Berkali-kali, Chamberlain, Welbeck, dan Ozil menciptakan peluang untuk kembali unggul. Namun, kegigihan Schmeichel membuat Arsenal masih belum bisa mengkonversi setiap pelaung menjadi gol.

Alih-alih kembali unggul, skuat besutan Arsene Wenger justru dibuat terkejut dengan keberhasilan Leicester yang kembali membobol gawang mereka di menit ke-29.

Berawal dari kesalahan lini belakang Arsenal, Marc Albrighton sukses mencuri bola dan menggiringnya hingga ke wilayah kiri lapangan. Dengan cermat ia mengirimkan umpan mendatar ke dalam kotak penalti yang langsung disambar dengan tendangan keras kaki kanan oleh Jamie Vardy. Skor menjadi 2-1, Leicester berbalik unggul atas Arsenal.

Pasca keberhasilan membalikkan kedudukan, jalannya pertandingan langsung berubah menjadi Leicester yang lebih banyak mendominasi penguasaan bola dan serangan. Memanfaatkan barisan pertahanan The Gunners yang belum rapih, mantan tim besutan Claudio Ranierri itu nyaris membaut Petr Cech menungut bola dari gawangnya.

Menjelang masa injury time, gol yang dinati-nanti Arsenal akhirnya tercipta. Memanfaatkan kelengahan lini belakang Leicester, Welbeck dengan mudah mengarahkan bola ke gawang Leicester usai menerima umpan pendek dari dalam kotak penalti. Skor imbang 2-2 pun menutup pertandingan babak pertama.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Arsenal (3-4-3): Petr Cech, Nacho Monreal, Mohamed Elneny, Rob Holding, Sead Kolasinac, Granit Xhaka, Alex Oxlade-Chamberlain, Hector Bellerin, Mesut Ozil, Danny Welbeck, Alexandre Lacazette.
Cadangan: Aaron Ramsey, Olivier Giroud, David Ospina, Theo Walcott, Alex Iwobi, Shkodran Mustafi, Francis Coquelin.
Pelatih: Arsene Wenger.

Leicester City (4-4-1-1): Kasper Schmeichel, Christian Fuchs, Harry Maguire, Wes Morgan, Danny Simpson, Marc Albrighton, Matthew James, Onyinye Ndidi, Riyad Mahrez, Shinji Okazaki, Jamie Vardy.
Cadangan: Ben Chilwell, Demarai Gray, Kelechi Iheanacho, Andy King, Ben Hamer, Daniel Amartey, Islam Slimani.
Pelatih: Craig Shakespeare.