Liga Primer Inggris

Newcastle 0-2 Tottenham: Kesialan Bertubi-tubi Tim Promosi

Minggu, 13 Agustus 2017 21:56 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Harry Kane memeluk Ben Davies dan Christian Eriksen, pasca Davies mencetak gol kedua untuk kubu Spurs. Copyright: © Getty Images
Harry Kane memeluk Ben Davies dan Christian Eriksen, pasca Davies mencetak gol kedua untuk kubu Spurs.

Babak Pertama

Pertandingan paruh pertama belum berjalan 10 menit, Newcastle United sudah merasakan kerugian. Bagaimana tidak, mereka sudah dipaksa untuk melakukan pergantian pemain.

Paul Dummett terlihat meringis kesakitan usai dihentikan oleh pemain Tottenham Hotspur. Tidak ingin membuat cederanya makin parah, Rafa Benitez pun memasukkan Jamal Lascelles sebagai pengganti Dummett.

Meski berlaku sebagai tim tamu, The Lily Whites pada kenyataannya lebih banyak menguasai jalannya pertandingan. Beberapa kali kombinasi Delle Alli, Moussa Sissoko, dan Harry Kane membuat pemain Newcastle lebih banyak bermain di wilayahnya sendiri.

Di menit ke-27, Eriksen nyaris saja membuka keunggulan bagi Tottenham. Memanfaatkan situasi serangan balik, pemain asal Denmark itu mampu menggiring bola dan melepaskan tembakan keras. Sayang, arah tendangannya masih sedikit melipir di sisi gawang.

Memasuki menit ke-35, Newcastle membuat kejutan dengan kembali melakukan pergantian pemain. Florian Lejune yang dinilai kurang banyak berkontribusi, digantikan dengan Mbemba oleh Benitez.

Hingga akhir babak pertama, Tottenham masih terus membuat kiper Robert Elliot kerepotan. Namun, sayangnya usaha tersebut selalu berakhir dengan kegagalan. Di sisi lain, Newcastle juga belum bisa memberi serangan berarti ke pertahanan Tottenham. Alhasil skor imbang 0-0 menutup jalannya pertandingan babak pertama.

Babak Kedua

Sekembalinya dari ruang ganti, petaka langsung menghampiri tuan rumah. Bagaimana tidak, pada menit ke-47, The Magpies dipaksa bermain dengan kondisi 10 pemain. Hal itu menyusul kartu merah yang diterima Jonjo Shelvey setelah melakukan tackel keras ke Dele Alli dari belakang.

Unggul dari segi jumlah pemain, Tottenham pun menjadi lebih leluasa untuk melancarkan serangan ke wilayah pertahanan Newcastle. Namun, kuatnya pertahanan Newcastle membuat Tottenham baru mencetak gol pembuka keunggulan di menit ke-60.

Berawal dari umpan lambung Eriksen ke arah kotak penalti Newcastle, Dele Alli yang lolos dari jebakan offiside sukses melanjutkannya dengan sebuah sepakan pelan kaki kiri yang terlambat di antisipasi Robert Elliot. Skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Tottennham.

10 menit berselang, skuat besutan Mauricio Pochettino kembali sukses menambah keunggulannya atas Newcaslte. Kerja sama yang apik dari empat pemain Tottenham di area kotak penalti Newcastle mampu diselesaikan dengan baik oleh Ben Davies yang mengirim bola ke pojok kiri gawang. Skor menjadi 2-0, Tottenham unggul jauh atas Newcastle.

Hingga menjeleang menit-menit terakhir pertandingan, Tottenham masih berupaya menambah keunggulan. Sayang, saat peluit panjang berbunyi, tidak ada gol lagi yang tercipta. Tottenham keluat sebagai pemenang dengan skor 2-0 atas Newcastle.

Atas kemenangan ini, Tottenham kini berada di peringkat tiga klasemen sementara Liga Primer Inggris 2017/18 dengan koleksi tiga poin. Sementara Newcastle terpuruk di peringkat 19 tanpa poin.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Newcastle United (4-3-3): Robert Elliot, Paul Dummett, Ciaran Clark, Florian Lejeune, Javier Manquillo, Matt Ritchie, Isaac Hayden, Jonjo Shelvey, Ayoze Perez, Dwight Gayle, Christian Atsu.
Pelatih: Rafa Benitez.

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Hugo Lloris, Ben Davies, Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Kyle Walker-Peters, Moussa Dembele, Eric Dier, Christian Eriksen, Dele Alli, Moussa Sissoko, Harry Kane.
Pelatih: Mauricio Pochettino.

491