Piala Super Italia 2017

Penalti Sang Mantan Buat Juventus Merana di Paruh Pertama

Senin, 14 Agustus 2017 02:44 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Gol penalti yang dicetak oleh Ciro Immobile. Copyright: © Getty Images
Gol penalti yang dicetak oleh Ciro Immobile.

Dalam jangka dua menit sejak peluit tanda dimulainya pertandingan dibunyikan oleh wasit, Juventus langsung menciptakan peluang berbahaya ke jantung pertahanan Lazio.

Bek kiri Juventus, Alex Sandro melakukan tusukan ke arah kotak penalti Lazio. Dengan jeli, Sandro mengirimkan umpa ke arah Cuadrado yang melanjutkannya dengan sebuah tendangan keras. Sial bola sepakan Cuadrado masih bisa dihalau kiper Thomas Strakosha.

Tidak ingin terus didominasi oleh Bianconeri, Lazio menunjukkan perlawanan di menit ke-11. Luis Alberto membuat kejutan dengan percobaannya yang melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Sayang, arah bola masih melenceng dari target dan hanya menghasilkan tendangan gawang.

Memasuki menit 20, Lazio yang sebelumnya dipaksa lebih banyak bermain di wilayahnya sendiri mulai berani menunjukkan serangan-serangan agresif. Namun, ketatnya lini belakang Nyonya Tua membuat setiap peluang yang diciptakan Luis Alberto dkk selalu menemui jalan buntu.

Memasuki menit ke-33, petaka datang bagi Juventus setelah wasit memberi hadiah penalti bagi Lazio. Penalti sendiri diberikan setelah Gianluigi Buffon menjatuhkan Ciro Immobile di kotak terlarang.

Berlaku sebagai eksekutor, pemain yang mengawali karier profesionalnya di Juventus itu sukses mengarahkan bola ke sisi kanan. Buffon sebenarnya sudah mampu menebak arah bola, namun terlalu lambat untuk mencegahnya. Skor 1-0 untuk keunggulan Lazio.

Unggul atas juara bertahan Serie A Italia menumbuhkan semangat bagi para pemain Lazio. Berkali-kali Marco Porolo mengirimkan umpan-umpan berbahaya ke gawang Juventus. Namun hingga turun minum tidak ada gol lagi yang tercipta.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Juventus (4-2-3-1): Gianluigi Buffon, Alex Sandro, Giorgio Chiellini, Medhi Benatia, Andrea Barzagli, Miralem Pjanic, Sami Khedira, Mario Mandzukic, Paulo Dybala, Juan Cuadrado, Gonzalo Higuain.
Cadangan: Mattia De Sciglio, Claudio Marchisio, Douglas Costa, Carlo Pinsoglio, Kwadwo Asamoah, Moise Kean, Wojciech Szczesny, Daniele Rugani, Stephan Lichtsteiner, Stefano Sturaro, Rodrigo Bentancur, Federico Bernardeschi.
Pelatih: Massimiliano Allegri.

Lazio (3-5-2): Thomas Strakosha, Stefan Daniel Radu, Stefan de Vrij, Wallace, Senad Lulic, Sergej Milinkovic-Savic, Lucas Leiva, Marco Parolo, Dusan Basta, Ciro Immobile, Luis Alberto.
Cadangan: Wesley Hoedt, Guido Guerrieri, Patric, Adam Marusic, Ivan Vargic, Davide Di Gennaro, Jordan Lukaku, Felipe Anderson, Simone Palombi,Felipe Caicedo, Alessandro Murgia, Luiz Felipe.
Pelatih: Simone Inzaghi.