Absennya Ronaldo Jadi Berkah untuk Real Madrid?

Selasa, 15 Agustus 2017 05:51 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© getty images
Megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Copyright: © getty images
Megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Real Madrid akan kehilangan sang megabintang, Cristiano Ronaldo, dalam lima laga ke depan. Hal tersebut tak lepas dari hukuman yang ia terima dari Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF), pasca menerima kartu merah dan mendorong wasit karena rasa kecewa yang berlebihan.

Akibatnya, dirinya pun akan melewati laga leg kedua Piala Super Spanyol yang akan diadakan di Santiago Bernabeu pada Kamis (17/08/17) dini hari WIB. Ia juga melewatkan empat laga awal La Liga 2017/2018 melawan Deportivo La Coruna, Valencia, Levante, dan Real Sociedad.

Tentu, kehilangan sang megabintang dalam beberapa laga akan membuat para pendukung Los Blancos resah. Pasalnya, Ronaldo sendiri terkenal akan kemampuannya bermain di atas lapangan, serta kerap kali menjadi pembeda dalam jalannya pertandingan.

© INDOSPORT
Cristiano Ronaldo diganjar kartu merah. Copyright: INDOSPORTCristiano Ronaldo diganjar kartu merah.

Namun siapa sangka, Real Madrid memiliki rekor yang bagus ketika sang legenda tidak bermain. Data dari whoscored mencatat, Real Madrid mencatat 100 persen kemenangan bila bermain tanpa Ronaldo. Data tersebut dihitung sejak 1 Agustus 2016 hingga 1 Agustus 2017.

Terlihat dengan jelas, Los Merengues berhasil memenangkan sembilan laga yang dimainkan tanpa Ronaldo. Sementara skuat Zinedine Zidane hanya meraih 69 persen kemenangan bila Ronaldo ikut di dalamnya.

Dari 29 laga yang dimainkan bersama Ronaldo, sejak 1 Agustus 2016, 20 di antaranya diraih dengan hasil positif yakni kemenangan. Sementara enam laga berakhir dengan hasil imbang, dan sisanya adalah kekalahan.

Jelas, data tersebut menjadi sinyal yang bahaya untuk kubu La Blaugrana. Selain karena statistik yang berbicara, mereka juga tengah tertinggal dua gol di leg pertama saat bermain di Camp Nou. Beban semakin berat karena nantinya, mereka akan bertanding di Santiago Bernabeu.