Deny Singo Jalani Trial Hari Pertama di FC Groningen

Selasa, 15 Agustus 2017 06:20 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
 Copyright:

Murid SSB Terang Bangsa, Semarang, Deny Singo resmi ikuti trial bersama klub Eredivisie Belanda, FC Groningen. Deny, ditemani sang pelatih asal Belanda berdarah Indonesia, Ronald Lepez, bakal berada di Negeri Kincir Angin tersebut selama kurang lebih satu bulan.

Pemuda kelahiran Tulungagung 16 tahun silam itu berangkat dari Semarang, Jawa Tengah pada tanggal 6 Agustus silam. Sesampainya di Belanda, ia tak langsung trial di Groningen, melainkan latihan sendiri bersama Ronald Lepez.

"Besok (Senin) baru mulai trial. Minggu ini masih latihan sendiri. Saya mampir ke stadionnya Heerenveen, tempat latihannya, ke pasar juga, banyak, mas. Hari ini juga nonotn pertandingan Groningen lawan Heerenveen," kata siswa kelas 11 SMA Terang Bangsa tersebut kepada INDOSPORT Minggu (13/08/17).

© Dok. Pribadi Deny Singo
Murid SSB Terang Bangsa, Deny Singo. Copyright: Dok. Pribadi Deny SingoMurid SSB Terang Bangsa, Deny Singo.

Hari Senin (14/08/17) tibalah gelandang yang mengaku permainannya mirip Toni Kross itu menjalani trial. Di hari pertamanya, tidak banyak yang dilahap mengingat Groningen baru saja mengikuti sebuah kompetisi.

"Hari pertama tidak begitu intense karena mereka habis ikut turnamen," ucap Deny lagi.

"Jadi hari pertama tadi jogging delapan menit 60 persen, terus samba sedikit-sedikit, lalu lari lagi delapan menit, disambung core stability sedikit. Plank sama side plank sekitar 30 detik dan dilakukan dua set tanpa menyentuh tanah dadanya. Lanjut push up 10 kali selama dua sesi, lalu jogging lagi ke lapangan," tambahnya lebih detail.

Setelah melakukan sejumlah latihan fisik seperti yang disebutkan, Deny Singo baru diperbolehkan mengolah bola. Ia mengatakan mungkin intensitas latihan bakal dilanjutkan keesokan harinya bersamaan dengan kegiatan soccer camp bersama Groningen.

"Setelah itu ball feeling, passing, kontrol paha, heading, sedikit ada sprint, lalu latihan tendangan voli. Mungkin besok lebih kencang (latihannya). Tadi juga sudah berkenalan dengan beberapa pemain junior, ada yang dari Finlandia dan Afrika juga. Besok ada soccer camp, jadi coach Ronald tidak ikut dampingi," akunya.

Deny Singo, salah satu murid terbaik SSB Terang Bangsa, Semarang, juga akan trial di Heerenveen. Ronald Lepez, pelatih yang membawanya ke Belanda, menyebutkan jika Deny berpeluang dikontrak andai progress anak asuhnya itu dinilai oke menurut tim pemandu bakat kedua tim.

"(Deny) Nanti diuji oleh tim scouting dari Heerenveen dan Groningen, masing-masing satu pekan. Jika hasilnya bagus dan mereka tertarik, ia mungkin akan diikutsertakan dalam sebuah pertandingan," terang pria yang mengaku kenal dekat dengan Stefano Lilipaly dan Timo Scheunemann tersebut.