Kartu Merah Ronaldo dan 5 Tingkah Konyol Berbuah Sanksi

Selasa, 15 Agustus 2017 05:16 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Mirror
Cristiano Ronaldo mendorong wasit yang berbuah sanksi. Copyright: © Mirror
Cristiano Ronaldo mendorong wasit yang berbuah sanksi.

Kartu merah yang diterima Cristiano Ronaldo bertambah buruk dengan adanya sanksi berupa larangan bermain sebanyak lima laga. Hal itu didapatnya karena ia dengan tingkah bodohnya kedapatan mendorong wasit.

Insiden tersebut bermula usai CR7 dihadiahi kartu merah oleh wasit Ricardo de Burgos saat Real Madrid mengalahkan Barcelona dengan skor 3-1 di ajang Piala Super Spanyol. Kesal, striker Portugal itu mendorong lemah De Burgos.

© INDOSPORT
Cristiano Ronaldo (kiri) berusaha berbicara kepada asisten wasit, pasca dikartu merah. Copyright: INDOSPORTCristiano Ronaldo (kiri) berusaha berbicara kepada asisten wasit, pasca dikartu merah.

Meski tak terjatuh, tindakan konyolnya itu berbuah pada larangan bertanding selama lima pertandingan domestik ke depan. Tak hanya itu saja, pemain kelahiran Madeira tersebut juga diwajibkan membayar 3.005 euro.

Hukuman ini lantas membuat penyerang Timnas Portugal itu harus absen saat menjalani laga leg kedua di Santiago Bernabeu, pada Kamis (17/08/17) dini hari WIB. Ia juga melewatkan empat laga awal La Liga 2017/18 melawan Deportivo La Coruna, Valencia, Levante, dan Real Sociedad.

"Pertama, Cristiano Ronaldo akan dihukum satu pertandingan setelah menerima dua kartu kuning. Kartu pertama di dapatnya ketika melepas jersey-nya, dan kartu kedua saat melakukan diving," tulis pernyataan resmi RFEF dikutip dari ESPNFC.

"Kedua, Ronaldo dilarang empat pertandingan karena melanggar pasal 96 dari kode kedisiplinan, bersama dengan denda 1.400 euro untuk klub dan 3.005 euro untuk sang pemain," tambahnya.

Sepakbola memang mengajarkan pelakunya menjadi atlet profesional dan menjunjung tinggi sportivitas. Namun tak jarang banyak dari mereka yang harus menerima sanksi akibat perilaku konyol yang dilakukan, baik sengaja mau pun spontanitas atau tidak disengaja.

INDOSPORT merangkum empat tingkah konyol yang berujung pada sanksi. Terselip pula sanksi yang terbilang konyol yang terjadi dalam sepakbola.

944