Liga Primer Inggris

Mungkinkah Gelar Liga Inggris Jatuh ke Manchester United

Selasa, 15 Agustus 2017 19:05 WIB
Editor: Galih Prasetyo
© INDOSPORT
Skuat Manchester United. Copyright: © INDOSPORT
Skuat Manchester United.

Mungkin masih begitu dini untuk menebak klub mana yang akan menjadi juara Liga Premier Inggris musim ini terlebih kompetisi baru saja bergulir. Namun, mantan bintang timnas Inggris Alan Shearer seperti dikutip dari bbc.uk (15/08/17) memprediksi bahwa trofi Liga Primer Inggris akan jatuh di kota Manchester, tepatnya di Stadion Old Trafford, Manchester United. 

Pernyataan Alan Shearer tersebut tentu bukan tanpa alasan. Ia telah mengamati bursa transfer musim panas ini dan melihat bahwa dua klub kota Manchester memang yang paling aktif dan ambisius untuk menghadapi musim ini. Selain itu, sejak musim lalu, kedua tim kota Manchester ini telah memboyong dua pelatih besar yakni Jose Mourinho di kubu Manchester United dan Pep Guardiola di kubu Manchester City. Kedua klub tersebut memang sudah menggelontorkan banyak uang meskipun keduanya gagal menjadi juara Liga Primer Inggris musim lalu.

© Twitter Squawka News.
Selebrasi Romelu Lukaku bersama penggawa Man United lainnya. Copyright: Twitter Squawka News.Selebrasi Romelu Lukaku bersama penggawa Man United lainnya.

Berbeda dengan Mourinho, Pep Guardiola memang belum memberikan gelar apa-apa untuk City. Sementara itu, Mourinho sebelumnya telah memberikan dua trofi dan berhasil membawa Setan Merah masuk Liga Champions musim ini. Meskipun sama-sama merupakan klub yang memilik peluang besar menjadi juara Liga Primer Inggris, Shearer memprediksi bahwa Setan Merah-lah yang akan menjadi juara Liga Primer Inggris musim ini.

Salah satu faktor yang membuat MU difavoritkan menjadi juara adalah pembelian pemain musim ini. Romeo Lukaku dipandang sebagai pembelian terpenting MU musim ini. Pemain berkewarganegaraan Belgia tersebut dibeli dari Everton dan menjadi pilihan utam Jose Mourinho. Ia pun membuktikan bahwa ia striker hebat setelah mengawali debut yang baik saat MU mengalah West Ham United dengan skor 4-0. Lukaku akan semakin bersinar di Manchester United jika Mourinho memberikannya banyak kesempatan bermain. Apabila diberikan kesempatan, maka bukan mustahil ia akan menyumbang banyak gol untuk Setan Merah.  

© INDOSPORT
Romelu Lukaku tengah melakukan selebrasi dengan membawa bola usai cetak gol. Copyright: INDOSPORTRomelu Lukaku tengah melakukan selebrasi dengan membawa bola usai cetak gol.

Selain Lukaku, pembelian penting lain yang dilakukan oleh Manchester United adalah saat mendatangkan Nemanja Matic dari Chelsea. Meskipun tak lagi berusia  muda, Matic merupakan pemain penting yang saat berguna untuk mengisi lini tengah Manchester United. Dengan kehadiran Matic, Paul Pogba yang musim lalu diplot sebagai gelandang akan lebih leluasa untuk membantu penyerangan dibandingkan dengan musim lalu yang juga memiliki tugas membantu pertahanan.

Selain Matic keberadaan Henrikh Mkhitaryan dan Marcus Rashford juga dirasa penting. Selain karena faktor pemain rekrutan, Alan Shearer mengatakan bahwa faktor yang tak kalah penting adalah sosok Mourinho sendiri. Alan Shearer mengatakan bahwa Mourinho selalalu memiliki cara untuk menang. Itulah mengapa ia lebih memfavoritkan Setan Merah dibandingkan klub lain.

Sementara itu, Manchester City masih memiliki kendala dengan lini belakang mereka. Kapten City, Vincent Kompany masih sering mengalami masalah kebugaran. Sementara itu, John Stones yang dibeli seharga 47,5 juta poundsterling musim lalu masih belum menunjukkan performa yang baik. Ia pun hanya dua kali bermain bersama sang kapten musim lalu.

© internet
Manchester City rayakan gol ke gawang Real Madrid. Copyright: internetManchester City rayakan gol ke gawang Real Madrid.

Juara Liga Primer Inggris musim lalu, Chelsea juga mengalami masalah karena ditinggal banyak pemain inti mereka. Selain Nemanja Matic, John Terry juga sudah hengkang dan mungkin akan menyusul striker andalah mereka, Diego Costa yang sudah tidak digunakan oleh Antonio Conte. Masalah juga dihadapi oleh Arsenal ketika beberapa pemain inti mereka saat ini berada pada masa-masa terakhir kontrak. Dengan demikian nasib para pemain ini di Arsenal menjadi tidak menentu dan mungkin berpengaruh pada performa tim. Pemain-pemain itu anta lain Alexis Sanchez, Mesut Ozil, dan Alex Oxlade-Chamberlain.

Alan Shearer memperdiksi bahwa Manchester United akan finish di posisi pertama disusul oleh Manchester City di urutan kedua. Sementara itu, Arsenal ada di posisi ketiga dan Chelsea di posisi keempat.

Penulis: Fitriawan Nur Indrianto.

3.2K