Gugatan Legenda Juventus kepada Game Online Dikabulkan Pengadilan

Kamis, 17 Agustus 2017 02:08 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Daily Mail.
League of Legends, game online yang ditengarai memanfaatkan figur Edgar Davids di karakter Striker Lucian. Copyright: © Daily Mail.
League of Legends, game online yang ditengarai memanfaatkan figur Edgar Davids di karakter Striker Lucian.

Mantan bintang Timnas Belanda, Edgar Davids, berhasil memenangi gugatan terhadap sebuah game ternama, League of Legends. Ditengarai karakter bernama Striker Lucian merupakan perwujudan legenda Juventus tersebut.

Persoalannya adalah tim pengembang game tersebut tidak meminta izin akan penggunaan dirinya sebagai inspirasi karakter Striker Lucian. Riot Games selaku developer bersikukuh jika kemiripan yang ada tak cukup untuk merujuk pada dakwaan bahwasanya Davids memang dijadikan model bagi karakter itu.

Kendati demikian, pembelaan yang dilakukan Riot Games akhirnya luntur ketika mantan karyawannya pernah menulis di Twitter jika Edgar Davids adalah inspirasi Striker Lucian pada tahun 2014 silam.

"Buat kalian yang penasaran, Striker Lucian terinspirasi dari pesepakbola profesional Edgar Davids," tulisnya di sebuah posting-an yang sudah dihapus.

Hal ini diketahui oleh seorang pengguna Twitter dengan akun @GY4TSO yang mengenali sosok tersebut mirip dengan mantan pemain Ajax Amsterdam dan Tottenham Hotspur tersebut.

"Pengadilan memutuskan jika figur tersebut (Striker Lucian) adalah sebuah potret. Dia mirip sekali dengan mantan pesepakbola yang memiliki kulit hitam, awak layaknya atlet, memiliki ciri agresif, dan memakai kacamata khusus," tulis bunyi keputusan dari pengadilan.

"Penggambaran Striker Lucian mengingatkan orang-orang akan pemain tersebut (Edgar Davids). Penilaian ini sesuai dengan dakwaan pelapor mengenai penggunaan figur tanpa izin."

© INDOSPORT
Edgar Davids saat masih berseragam Juventus. Copyright: INDOSPORTEdgar Davids saat masih berseragam Juventus.

"Karena sosok pemain tersebut bisa berimbas secara marketing, maka dia (Edgar Davids) berhak untuk menuntut. Dengan ini, Riot Games sebagai terlapor wajib membayarkan kompensasi."

"Lebih lanjut, Riot Games akan menghitung kembali berapa keuntungan dari game tersebut. Agenda berikutnya adalah pembacaan berapa kompensasi yang akan diterima pelapor."

Davids yang kini berusia 44 tahun mengoleksi 74 penampilan bersama Timnas Belanda. Ia juga mencatatkan enam titel liga dan satu kali mengangkat trofi Liga Champions.

467