SEA Games 2017

Luis Milla: Sebelum Menghitung Gol, Kita Harus Menang Dulu!

Jumat, 18 Agustus 2017 19:11 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Pelatih Timnas U-22, Luis Milla. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Pelatih Timnas U-22, Luis Milla.

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Luis Milla nampaknya menginginkan anak asuhnya untuk tetap fokus di setiap pertandingan agar bisa meraih poin penuh. Ia menjelaskan kalau hal pertama yang diinginkannya adalah tim bermain bagus dan menorehkan kemenangan. 

© kualalumpur2017.com
Osvaldo Haay (Timnas Indonesia) berusaha pertahankan bola dari serangan empat pemain Thailand. Copyright: kualalumpur2017.comOsvaldo Haay (Timnas Indonesia) berusaha pertahankan bola dari serangan empat pemain Thailand.

Aturan selisih gol yang diterapkan panitia SEA Games 2017 pada babak penyisihan grup tampaknya tidak terlalu membebani Luis Milla. Pelatih asal Spanyol itu lebih mengutamakan anak asuhnya mengamankan tiga poin dan jika memungkinkan ia akan menginstruksikan untuk menambah pundi-pundi gol ke gawang lawan.

"Pertama sebelum menghitung gol kita harus menang dulu. Saya tahu menang itu bagus, dan jika mencetak gol banyak itu lebih sempurna," kata Milla.

Dalam dua laga di penyisihan grup B SEA Games tahun ini, Timnas U-22 sudah mencetak empat gol. Satu gol dilesakkan kala bermain imbang 1-1 melawan Thailand, 15 Agustus lalu dan tiga lainnya saat menang 3-0 atas Filipina, Kamis (17/08/17).

Timnas U-22 masih tertinggal empat gol dari pemuncak klasemen sementara, Vietnam yang dalam dua laga terakhir cukup tajam dengan torehan delapan gol. Namun, hal itu dinilai tidak membuat nyali pemain Skuat Garuda Muda ciut. Pelatih Luis Milla menegaskan kalau timnya berada di level yang sama dengan Vietnam.

© Dokumentasi PSSI
Aksi Saddil Ramdani di laga Indonesia U-22 vs Filipina U-22 Copyright: Dokumentasi PSSIAksi Saddil Ramdani di laga Indonesia U-22 vs Filipina U-22.

"Kami rasa kami mempunyai kualias yang tidak kalah dibandingkan dengan Vietnam," ujar pria asal Spanyol tersebut.

Timnas U-22 dan Vietnam saat ini berjarak dua poin di klasemen sementara grup B. Indonesia di peringkat kedua dengan empat angka, sedangkan Vietnam di puncak dengan enam poin. Sebenarnya Thailand yang ada di posisi ketiga nilanya sama dengan Indonesia, namun mereka kalah dalam produktivitas gol.