Kualitas Timnas Indonesia Lebih Buruk dari Timor Leste?

  • Indonesia akan menghadapi Timor Leste di lanjutan laga Grup B SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia.
  • Timor Leste, negara yang dahulu pernah menjadi bagian dari Indonesia, disebut-sebut mengalami perkembangan pesat untuk urusan sepakbola, bahkan disebut lebih baik dari Indonesia.
  • Benarkah kualitas Tim Nasional (Timnas) sepakbola Timor Leste lebih baik ketimbang Indonesia?
Sabtu, 19 Agustus 2017 15:52 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Arum Kusuma Dewi
© PSSI
Indonesia sukses raih poin pertama di SEA Games 2017. Copyright: © PSSI
Indonesia sukses raih poin pertama di SEA Games 2017.

Timnas Indonesia U-22 sukses membuktikan jika mereka mampu tampil cukup, bahkan sangat memuaskan setidaknya dalam dua pertandingan awal Grup B SEA Games 2017. Menahan imbang 1-1 sang juara bertahan, Thailand, di laga perdana dianggap cukup memuaskan mengingat sejarah dan rekor buruk Indonesia tiap kali bertemu Tim Gajah Putih.

Di pertandingan kedua, Hansamu Yama dkk akhirnya melepas dahaga kemenangan dengan membekuk Filipina dengan skor cukup meyakinkan, 3-0. Pembuktian tersendiri bagi Luis Milla yang sebelumnya sempat diragukan mampu memberi perubahan berarti bagi Timnas Indonesia U-22 yang terlihat kurang meyakinkan di pertandingan uji coba, bahkan tersisih di kualifikasi Piala Asia U-23 2018.

Usai Filipina, Skuat Garuda Muda akan menantang Sang Saudara Tua, Timor Leste, di lanjutan pertandingan ketiga fase Grup B, Minggu (20/08/17), esok. Dalam beberapa waktu terakhir, Timnas sepakbola Timor Leste disebut-sebut mengalami peningkatan di level internasional.

Selebrasi Saddil Ramdani dan para pemain Timnas Indonesia usai kalahkan Filipina. Copyright: Instagram @saddilramdani76Selebrasi Saddil Ramdani dan para pemain Timnas Indonesia usai kalahkan Filipina.

Jika sebelumnya dianggap bukan apa-apa, bahkan untuk tingkat Asia Tenggara, Timor Leste secara mengejutkan pernah mencundangi Indonesia di peringkat FIFA. Namun jika melihat saat ini, masih pantaskan disebut jika Timor Leste punya prestasi lebih baik ketimbang Indonesia untuk urusan sepakbola?