Persib Diundang Turnamen Antarklub se-Asia Tenggara

  • Dari Oktober hingga Desember 2017 akan ada turnamen sepakbola antar klub-klub negara Asia Tenggara.
  • Persib Bandung mendapat undangan sebagai salah satu perwakilan dari Indonesia.
Sabtu, 19 Agustus 2017 07:34 WIB
Kontributor: Gita Agiet | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© sidomi.com
Skuat Persib Bandung 2013. Copyright: © sidomi.com
Skuat Persib Bandung 2013.

Kabar gembira bagi caretaker Pelatih Persib Bandung, Herrie Setyawan. Pasalnya tim besutannya ini dikabarkan mendapatkan undangan untuk mengikuti turnamen antarklub se-Asia Tenggara bersama Arema FC.

Dari kabar yang beredar, turnamen tersebut rencananya akan digelar pada Oktober hingga Desember 2017 dengan diikuti 16 klub dari negara ASEAN.

Ahmad Jufrianto melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya setelah cetak gol pada menit ke-14. Copyright: Twitter@persibPersib diundang mengikuti turnamen antar klub se-Asia Tenggara.

Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Thailand mendapatkan jatah dua klub untuk tampil di turnamen tersebut. Sementara Myanmar, Filipina, Kamboja, Laos, Brunei Darussalam, dan Timor Leste hanya diberi jatah satu klub.

Ke-16 klub bakal dibagi ke dalam empat grup. Fase grup akan digelar dengan sistem kandang-tandang.

Menurut Herrie ini merupakan sebuah kesempatan bagi Persib untuk membuktikan kualitas Persib di kejuaraan bertaraf internasional.

"Bagi saya bersyukur sekali kalau sampai terjadi karena akan bermain di level ASEAN. Satu penghormatan untuk Persib kalau diajak berpartisipasi," ungkap Herrie di Mes Persib, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Jumat (18/08/17).

Herrie Setyawan saat melakoni siaran pers bersama Tony Sucipto. Copyright: Ginanjar/IndosportHerrie Setyawan (tengah) mengaku sangat senang karena Persib bisa membuktikan diri di level Asia Tenggara.

Turnamen ini, lanjut Jose mengingatkannya saat membesut tim Pelita Jaya. Kala itu sang pemilik Nirwan Bakrie berencana akan mengadakan turnamen serupa.

"Pak Nirwan dulu di Pelita mau bikin Liga ASEAN. Dirancangnya sudah dari dulu, dan sekarang mungkin yang siapnya," katanya.

Untuk itu, Jose berharap turnamen antarklub se-Asia Tenggara benar-benar terselenggara. "Lagipula belum ada kabar pasti karena harus disesuaikan dengan jadwal kita kompetisi. Mereka sudah preseason, kalau kita end season," harapnya.

Sementara itu, Media Officer Persib Bandung, Irfan Suryadiredja mengaku belum mengetahui dengan kabar turnamen tersebut. Sebab sejauh ini pihaknya belum mendapatkan surat resmi.

Atep dan Shohei Matsunaga (Persib Bandung). Copyright: twitter@Liga1MatchPersib saat ini masih berjuang untuk naik dari papan tengah klasemen sementara Liga 1.

"Belum ada info. Nanti kalau sudah ada undangannya dikabari," ujar Irfan singkat.

Terlepas dari kehormatan karena mendapat undangan untuk mengikuti turnamen level Asia Tenggara, Persib sendiri masih memiliki banyak pekerjaan rumah, terutama untuk memperbaiki peringkat mereka di klasemen sementara Liga 1.

Ya, hingga pekan ke-20, Maung Bandung masih berada di peringkat 12 dengan catatan 25 poin dari 19 pertandingan. Berikutnya mereka akan menjamu Persegres Gresik United pada Minggu (20/08/17) besok.