3 Hal yang Patut Diwaspadai Timnas U-22 atas Timor Leste

  • Timnas U-22 perlu mewaspadai beberapa hal sebelum bertanding melawan Timor Leste.
  • Salah satunya adalah rekor Timor Leste kala bertemu Timnas di SEA Games.
Minggu, 20 Agustus 2017 06:08 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Timor Lesta vs Indonesia. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Timor Lesta vs Indonesia.

Kemenangan 3-0 atas Filipina membuat Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 semakin percaya diri menatap laga demi laga. Setelahnya, Garuda Muda akan menghadapi Timor Leste pada pertandingan ketiga Grup B SEA Games 2017 Malaysia di Stadion Majlis Perbandaran Selayang, Minggu (20/08/17) pukul 15:00 WIB.

Timnas U-22 saat ini menempati peringkat kedua Grup B dengan empat poin berkat torehan kemenangan melawan Filipina dan ditahan imbang (1-1) oleh Thailand. Sedangkan Timor Leste, terbenam di posisi buncit (6) klasemen sementara efek dua kekalahan beruntun dari Vietnam (0-6) dan Thailand (0-1).

Menghadapi Timor Leste, Timnas U-22 kemungkinan bakal kembali melakukan rotasi pemain seperti saat mengalahkan Filipina. Mengingat Garuda Muda hanya memiliki waktu istirahat paling banter sebanyak dua hari dari jeda pertandingan ke pertandingan berikutnya.

“Rotasi akan terus, karena jadwal pertandingan akan mepet. Ada beberapa pemain juga yang masih terasa. Muhammad Hargianto masih akan kita lihat besok. Dia masih tahap terapi,” ucap asisten pelatih Timnas U-22, Bima Sakti Tukiman pada sesi temu pewarta H-1 pertandingan di Malaysia, Sabtu (19/08/17) lalu.

“Rotasi mungkin hanya pemain, posisi tidak ada perubahan besar. Pemain ditempatkan di posisi sesuai dengan mereka, tapi tergantung juga jika ada situasi tertentu, akan ada perubahan posisi juga, tapi semua akan tergantung besok. Ada dua atau tiga pemain yang bisa berada di dua posisi,” jelas Bima.

Asisten pelatih timnas Indonesia, Bima Sakti. Copyright: Muhammad Ginanjar/INDOSPORTAsisten pelatih timnas Indonesia, Bima Sakti.

Mengutip seperti apa yang diutarakan oleh bek Timnas U-22, Rezaldi Hehanusa kepada INDOSPORT pasca melumat Filipina, kunci keberhasilan Garuda Muda sampai dengan saat ini adalah pantang anggap enteng tim lawan. Sekali pun itu menghadapi tim sekelas Timor Leste.

“Kuncinya kita menganggap tim lawan itu penting dan sama, serta tidak boleh menganggap remeh. Bekerja keras dalam pertandingan itu wajib. Semua lawan di sini sama bagusnya dan tentu mereka ingin menang melawan kita,” ucap Rezaldi beberapa waktu yang lalu.

Rezaldi Hehanusa saat acara pelepasan Timnas U-22. Copyright: Herry Ibrahim/Indosport.comRezaldi Hehanusa saat acara pelepasan Timnas U-22.

Beralih ke sisi lawan, Timor Leste tentunya ingin bangkit dari keterpurukan. Grafik permainan tim berjuluk O Sol Nascente itu pun tengah menanjak. Setelah kalah 0-4 di pertandingan pertama melawan Filipina, mereka cuma kalah tipis 0-1 dari Thailand.

Untuk itu, Timnas U-22 wajib mewaspadai kebangkitan Timor Leste. INDOSPORT mencoba mengurai secara ringan tiga hal yang perlu diwaspadai Garuda Muda pada pertandingan sore hari nanti.