Liga 1

Usai Bantai Persegres, Herrie Jose Tinggalkan Persib Bandung

Senin, 21 Agustus 2017 21:27 WIB
Kontributor: Gita Agiet | Editor: Ramadhan
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Persib, Herrie Setyawan menatap langit lantaran geregetan terhadap peluang tim asuhannya yang gagal menjadi gol Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Persib, Herrie Setyawan menatap langit lantaran geregetan terhadap peluang tim asuhannya yang gagal menjadi gol

Laga melawan Persegres Gresik United di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Minggu (20/8/2017) kemarin menjadi laga terakhir bagi Herrie Setyawan dalam menangani Persib Bandung. Pasalnya pelatih sementara bagi tim berjulukan Maung Bandung itu langsung berangkat ke Sawangan, Depok untuk menjalani kursus kepelatihan lisensi A AFC.

Ini berarti dalam menghadapi laga selanjutnya melawan Persipura Jayapura di Stadion Mandala Jayapura, Senin (28/08/17), pelatih yang akrab disapa Jose itu tidak akan menemani Persib Bandung.

Meski demikian, Jose percaya bahwa Persib Bandung akan tetap bermain maksimal dan tetap bersemangat dalam mengejar papan atas klasemen sementara. Terlebih posisi kepelatihan dipercayakan sementara kepada pelatih fisik, Yaya Sunarya.

© Gita Agiet/Indosport
Kim Jeffrey Kurniawan dan Herrie Setyawan optimistis bisa membawa Persib menang atas Persegres. Copyright: Gita Agiet/IndosportKim Jeffrey Kurniawan dan Herrie Setyawan optimistis bisa membawa Persib menang atas Persegres.

"Minimal ada Pak Haji (Umuh Muchtar) juga di sini dan ada Pak Yaya. Semua tahu apa yang harus diperbuat karena sudah tahu juga luar dalam Persib. Jadi tidak berubah meski tidak ada saya," ujar Jose, Senin (21/08/17).

Disisi lain, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Zaenuri Hasyim membenarkan bahwa sementara ini kursi kepelatihan ditangani dulu oleh Yaya Sunarya.

"Ya untuk sementara pelatihnya Pak Yaya. Sampai dia (Jose) nanti balik lagi kita masih menunjuk Pak Jose sebagai pelatih," ucap Zaenuri.

© Muhammad Ginanjar/Indosport
Herrie Setyawan, asisten Pelatih Persib Bandung. Copyright: Muhammad Ginanjar/IndosportHerrie Setyawan, asisten Pelatih Persib Bandung.

Zaenuri mengatakan manajemen belum menemukan sosok pelatih yang cocok menangani Persib. Namun ia berharap pelatih itu segera didapatkan sebelum jatuh tempo.

"Aturannya kan sampai tanggal 1 September harus ada pelatih. Sekarang masih dibicarakan. Mungkin akhir Agustus nanti bisa kita umumkan," katanya.

Namun apabila akhirnya didapatkan, kemungkinan besar menggunakan cara seperti saat Persib tampil di Kualifikasi Liga Champions Asia atau AFC Cup lalu.

"Jadi tidak akan ada pelatih baru. Karena sekarang peningkatannya lagi bagus. Kalau ada pelatih baru harus dari nol lagi. Nah sekarang kita lagi bagus," tandasnya.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Istimewa
Hasil pertandingan Persib Bandung vs Gresik United. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/IstimewaHasil pertandingan Persib Bandung vs Gresik United.

Dari jadwal yang didapatkan, Jose sendiri hanya akan absen dalam menangani tim saat Persib melawan Persipura Jayapura saja.

Jose kembali menangani Persib lagi saat melawan Sriwijaya FC pada 4 September mendatang. Karena kursus kepelatihan A AFC tahap pertama berakhir 1 September. Sementara tahap kedua kursus kepelatihan A AFC akan digelar 19 November hingga 1 Desember 2017 atau tepat setelah kompetisi tertinggi tanah air berakhir.

149